Sukses

6 Superhero Muslim Buatan Amerika

Siapa sajakah karakter superhero buatan pengarang komik Amerika Serikat yang memeluk agama Islam?

Liputan6.com, Los Angeles Karakter superhero buatan Amerika telah menghiasi dunia sejak pertengahan abad ke-20 dan memiliki makna tersendiri bagi para penikmatnya. Sebut saja Batman, Superman, Spider-Man, Captain America, hingga X-Men. Seiring bekembangnya waktu, dibuatlah tokoh yang religius sampai-sampai, para pengarang memasukkan unsur agama Islam di dalamnya.

Kehadiran para superhero Muslim itu pun menuai beragam reaksi dari penggemar. Akan tetapi, tanggapan positif tentunya banyak dikemukakan sebagai bentuk kepedulian para pengarang komik Amerika Serikat dalam menghadapi isu keberagaman.

Bahkan, superhero yang menganut agama Islam ciptaan mereka itu tidak melulu didominasi para laki-laki. Beberapa dibuat berjenis kelamin perempuan. Tentunya, kostum yang dikenakan karakter perempuan disesuaikan dengan ajaran agama Islam, yaitu tidak memperlihatkan aurat atau bagian tubuh tertentu.



Beberapa dari mereka bahkan sudah pernah dihidupkan ke layar lebar maupun animasi di layar kaca. Sayangnya, belum ada satupun karakter superhero Muslim yang menjadi tokoh penting di sebuah film maupun serial televisi.

Belakangan, komik superhero bertajuk The 99 yang dirilis pada 2007 sangat mewakili umat Islam dengan menggunakan 99 nama Allah sebagai temanya. Akan tetapi proyek terbitan Teshkeel Comics tersebut berasal dari Timur Tengah, tepatnya Kuwait.

Siapa sajakah karakter superhero buatan pengarang komik Amerika Serikat yang menganut agama Islam? Simak daftarnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kamala Khan (Ms. Marvel)

Kamala Khan (Ms. Marvel)

Kamala Khan merupakan salah satu superhero Marvel yang diciptakan oleh Sana Amanat, G. Willow Wilson, dan Adrian Alphona. Karakter ini juga menjadi superhero Muslim pertama Marvel Comics yang memiliki komik sendiri.

Dalam Dunia Marvel, Kamala Khan adalah gadis remaja berdarah Pakistan Amerika yang berasal dari New Jersey. Ia memiliki kemampuan untuk  berubah bentuk hingga akhirnya menyadari bahwa dirinya memiliki gen Inhuman.



Khan menggunakan nama Ms. Marvel karena sangat mengidolakan Carol Danvers yang sebelumnya juga menggunakan nama superhero serupa.

Karakter Muslim wanita ini pertama kali muncul dalam Captain Marvel nomor 14 pada Agustus 2013. Khan menuai ulasan bernada positif dari para kritikus.

3 dari 7 halaman

Simon Baz (Green Lantern)

Simon Baz (Green Lantern)

Diciptakan oleh pengarang Green Lantern, Geoff Johns dan Doug Mahnke, sosok Simon Baz menjadi salah satu superhero milik penerbit DC Comics.

Simon Baz pertama kali muncul dalam komik The New 52 Free Comic Book Day Special Edition nomor 1 yang terbit pada Mei 2012. Ia digambarkan sebagai anggota Green Lantern Corps, di kisah 'Rise of the Third Army' untuk menggantikan sosok Hal Jordan selaku Green Lantern perwakilan bumi.



Kehadiran Baz mendapat pujian dari para kritikus, meski beberapa pihak tertentu menentang kehadirannya. DC Comics lalu memasukkan Baz sebagai anggota Justice League of America pada 2013.

Baz juga diketahui sebagai karakter asal Amerika keturunan Timur Tengah pertama yang menjadi anggota Green Lantern Corps dan sosoknya itu terinspirasi dari Geoff Johns sendiri, sebagai warga Amerika keturunan Libanon.

4 dari 7 halaman

Silver Scorpion

Silver Scorpion

Karakter Silver Scorpion hadir sebagai sosok superhero Muslim yang kehilangan kakinya karena kecelakaan. Ia selalu menggunakan kursi roda untuk bergerak.

Sosok asli Silver Scorpion adalah remaja bernama Bashir Bari. Ia berasal dari sebuah kota fiksi di wilayah Arab dan berganti rupa menjadi sang pahlawan setelah menyadari dirinya bisa mengendalikan metal dengan pikirannya.



Komik Silver Scorpion diciptakan melalui kolaborasi antara perusahaan Liquid Comics yang berbasis di Los Angeles dan penerbit Open Hands Initiative. Mukesh Singh menjadi salah satu yang menggambarnya.

Diketahui, inspirasi pembuatan komik ini salah satunya berasal dari upaya presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk menjangkau dunia Muslim.

Proyek ini pertama kali diumumkan pada 2010. Nama Silver Scorpion juga kerap disebut sebagai sebuah kelompok anak-anak berkebutuhan khusus asal Suriah yang memiliki misi untuk menghapus kejahatan di seluruh dunia.

5 dari 7 halaman

Bilal Asselah (Nightrunner)

Bilal Asselah (Nightrunner)

Nightrunner merupakan salah satu karakter milik DC Comics yang pertama kali muncul di Detective Comics Annual nomor 12 pada Februari 2011. David Hine dan Kyle Higgins adalah penciptanya.

Sosok bernama asli Bilal Asselah ini digambarkan sebagai seorang Muslim Suni keturunan Algeria yang masih berusia 22 tahun.



Ia kerap direkrut oleh Bruce Wayne dan Dick Grayson untuk membantu sepak terjang kelompok Batman Incorporated agar bisa beraksi di negara Perancis.

David Hine menciptakan Nightrunner sebagai cerminan situasi sosial dan politik yang berlangsung di salah satu wilayah Perancis bernama Clichy-sous-Bois. Superhero satu ini juga membantu Batman dalam melenyapkan rantai perbudakan anak.

6 dari 7 halaman

Monet Yvette Clarisse Maria Therese St. Croix (M)

Monet Yvette Clarisse Maria Therese St. Croix (M)

Nama Monet Yvette Clarisse Maria Therese St. Croix sekilas memang tidak terdengar seperti seorang Muslim. Akan tetapi, superhero wanita yang memiliki panggilan singkat M itu, dibuat untuk mengeksplorasi isu-isu kebencian anti-Muslim dalam budaya Amerika kontemporer.

Karakter ciptaan Scott Lobdell dan Chris Bachalo yang terkadang dipanggil Monet itu juga dianggap mewakili contoh langka dari superhero Muslim di komik-komik terbitan Amerika. Hal itu terlihat dari kostumnya yang terkesan seksi bagi ukuran seorang penganut agama Islam.



M kerap kali muncul dalam kisah-kisah X-Men dan pertama kali hadir di komik Uncanny X-Men nomor 316 terbitan September 1994. Pada tahun 2011, Monet muncul dalam komik X-Factor ciptaan Peter David.

Di beberapa kesempatan, M muncul di episode Badlands dalam serial animasi Wolverine and the X-Men. Ia juga pernah dihdirkan dalam film televisi Generation X yang diperankan oleh Amarilis.

7 dari 7 halaman

Sooraya Qadir (Dust)

Sooraya Qadir (Dust)

Bagi para pemeluk agama Islam, Sooraya Qadir mungkin menjadi salah satu sosok ideal yang mewakili superhero Muslim perempuan. Pasalnya karakter satu ini mewakili gaya berbusana umat Islam, yaitu dengan mengenakan pakaian serba rapat serta cadar yang menutupi sebagian wajahnya.

Tokoh yang memiliki julukan Dust ini, diciptakan oleh Grant Morrison, Frank Quitely, dan Ethan Van Sciver. Ia pertama kali muncul dalam komik New X-Men nomor 133 edisi Desember 2002 terbitan Marvel Comics.



Sooraya sendiri digambarkan sebagai sesosok mutan dengan kemampuan untuk mengubah tubuhnya menjadi awan yang diselimuti debu. Kemunculannya diawali ketika para anggota X-Men melakukan perjalanan ke Afghanistan untuk menyelamatkan Sooraya karena kemampuannya itu membuatnya menjadi sasaran para pedagang budak. Ia lalu menjadi salah satu anak asuh Profesor X.

Dust sempat tampil sebagai cameo dalam film X-Men Origins: Wolverine sebagai salah seorang mutan yang ditahan di fasilitas milik William Stryker. Ia juga muncul dalam serial animasi Wolverine and the X-Men episode 'Hindsight Pt. 1'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini