Sukses

Amitabh Bachchan Bangga Bollywood Dikenal Internasional

Amitabh Bachchan mengaku bangga nama-nama seperti Shahrukh Khan, Aamir Khan, Salman Khan dan Hrithik Roshan dikenal internasional.

Liputan6.com, Mumbai Amitabh Bachchan telah berkeliling dunia dan bertemu banyak orang penting dalam industri film dunia. Dari pengalamannya itu, Amitabh mengaku bangga karena film Bollywood beserta aktornya seperti Shahrukh Khan, Aamir Khan, Salman Khan dan Hrithik Roshan begitu dikenal secara internasional.

Film-film India tidak saja mendapatkan penghargaan di ajang-ajang festival film internasional. Namun juga mendapatkan respon positif bagi penikmat film Bollywood di luar negeri. Tidak saja di Asia, tapi juga negara Amerika Selatan seperti Peru, Panama bahkan Afrika seperti Maroko. Begitu pun aktornya, yang kini sudah banyak menjadi aktor dunia seperti Irrfan Khan, Freida Pinto, Naseeruddin Shah dll.

"Secara internasional, sangat menggembirakan melihat minat masyarakat dunia untuk film India," kata Amitabh, seperti dikutip dari Bollywoodlife.com.

Di zamannya, aktor yang kini berusia 71 tahun mengatakan kalau film tidak direncanakan untuk dipasarkan hingga ke luar negeri. "Awal karir saya, film tidak dipasarkan seperti sekarang. Kita tidak tahu tentang pasar ini. Ada distributor internasional, tapi kami tidak pernah tahu persis apa yang digunakan untuk film. Film kami dibeli dengan harga murah karena kami tidak pernah menyadari bahwa orang-orang luar ingin menonton film India," sambung ayah mertua Aishwarya Rai ini.

Namun setelah menyadari hal tersebut, film Bollywood menemukan pentingnya jumlah penonton internasional. "Ini menjadi pertanda sangat baik karena penonton asing akan menentukan kualitas film kita. Dan secara keseluruhan, orang asing sudah mulai mengindentifikasikan film kita," lanjut Amitabh.

Amitabh Bachchan memulai karir pada 1969 lewat film Saat Hindustani. Film tersebut mendapat sambutan sangat baik di Inggris. Lagu-lagu film tersebut kemudian ditampilkan di dalam Stadion Wembley, London dengan penonton sebanyak 65.000 orang dan Stadion New Jersey  sebanyak 75.000 orang.

"Tapi di suatu tempat generasi akan segera datang setelah kami. Shahrukh, Salman , Aamir dan (sutradara) Karan Johar telah mendorong potensi ini ke dunia internasional. Jadi jika Anda ingin memberikan pujian, ini adalah orang-orang yang harus mendapat pujian," tutur ayah Abhishek Bachchan ini.

Amitabh menambahkan, film-film box office seperti Kabhi Khushi Kabhie Gham telah memberikan warna tersendiri di film Eropa.
"Shahrukh Khan sangat populer di Jerman karena ia ada di film ini (Kabhi Kushi Kabhi Gham). Hrithik (Roshan) dan Salman Khan dan Aamir Khan dicintai masyarakat internasional dalam proporsi yang sama. Jadi, jelas bioskop India sangat potensial," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.