Sukses

Mau Investasi Reksa Dana yang Dikelola Pakai AI? Coba Produk Ini

Untuk penempatan investasi pada GreatLink SustAInability Equity Fund sebagian besar pada instrumen ekuitas dengan alokasi minimal 80% pada Efek Ekuitas dan maksimal 20% pada Pasar Uang.

Liputan6.com, Jakarta - Great Eastern Life Indonesia meluncurkan GreatLink SustAInability Equity Fund. Ini adalah produk investasi yang mengoptimalkan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pengelolaan pada saham-saham yang mempertimbangkan aspek Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola Perusahaan yang baik.

GreatLink SustAInability Equity Fund merupakan alternatif pilihan dana investasi bagi nasabah yang ingin mendapatkan tingkat hasil investasi yang optimal dengan tingkat risiko tinggi untuk investasi jangka panjang.

Untuk penempatan investasi pada GreatLink SustAInability Equity Fund sebagian besar pada instrumen ekuitas dengan alokasi minimal 80% pada Efek Ekuitas dan maksimal 20% pada Pasar Uang.

Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia Nina Ong menjelaskan, Great Eastern Life Indonesia senantiasa berinovasi guna menjawab kebutuhan nasabah sekaligus membuktikan komitmennya untuk berkontribusi secara nyata bagi lingkungan.

"Dengan peluncuran GreatLink SustAInability Equity Fund yang berinvestasi pada saham-saham yang berfokus pada ESG dengan didukung oleh teknologi AI, serta perubahan strategi alokasi investasi GreatLink Balanced Fund, kinerja investasi akan menjadi lebih optimal dan tentunya bisa membantu mewujudkan masa depan yang lebih baik, Reach for a Greater Tomorrow,” tutur dia dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2024).

ESG telah menjadi standar yang digunakan untuk menilai perusahaan atas komitmennya terhadap keberlanjutan sehingga mampu menghasilkan produk/layanan yang berdampak positif bagi ekonomi, sosial, & lingkungan.

Tak hanya itu, ESG juga kerap kali dipakai  menjadi salah satu parameter apakah perusahaan memiliki ketahanan tinggi dalam menghadapi masa krisis dan apakah perusahaan mampu menciptakan kinerja profitabilitas dalam jangka panjang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Emiten dengan Risiko ESG Rendah

Bursa Efek Indonesia (BEI) itu sendiri telah meluncurkan indeks saham berbasis aturan ESG yang bernama IDX ESG Leaders pada 14 Desember 2022. Indeks tersebut mengukur kinerja perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menerapkan praktik ESG atau yang disebut dengan perusahaan berisiko ESG rendah.

Filter utama daftar emiten yang masuk ke dalam Indeks IDX ESG Leaders ialah perusahaan-perusahaan yang memiliki skor risiko rendah atau rating ESG dari Sustainalytics.

Per November 2023, Direktur Utama BEI, Iman Rachman dalam acara Mandiri Sustainability Forum pada Kamis, 7 Desember 2023, mengungkapkan bahwa sebanyak 44% perusahaan emiten di BEI dengan risiko ESG rendah mengalami apresiasi harga saham yang lebih tinggi dibandingkan emiten lainnya. Daftar perusahaan emiten dengan risiko ESG rendah tersebut memiliki kinerja keuangan positif yang ditandai dengan pertumbuhan pendapatan yang lebih tinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa penerapan ESG bukan hanya tentang mewujudkan tanggung jawab sosial, tetapi juga bisa berkontribusi pada profitabilitas perusahaan.

Great Eastern Life Indonesia sendiri telah menerapkan praktik ESG dalam keberlangsungan bisnis dengan berlandaskan pada tiga pilar keberlanjutan (sustainability), yaitu lingkungan (environment), sosial (social), dan tata kelola (governance).

Komitmen ini sejalan dengan brand promise Great Eastern Life Indonesia yang ingin menginspirasi masyarakat untuk bisa meraih berbagai aspirasi dalam kehidupannya dan Jadi Hebat, Reach for Great.

Lewat berbagai inovasi dan program, Great Eastern Life Indonesia telah mengamplifikasi pesan nyata bahwa Jadi Hebat juga berarti peduli terhadap lingkungan & sosial tempat operasional bisnis berjalan.

 

3 dari 5 halaman

Keunggulan

Selain menjadi wujud penerapan pilar keberlanjutan, peluncuran GreatLink SustAInability Equity Fund juga menjadi cerminan bahwa Great Eastern Life Indonesia senantiasa berfokus memenuhi kepentingan nasabah dan masyarakat.

Dalam hal ini, GreatLink SustAInability Equity Fund hadir untuk menjawab kebutuhan nasabah Great Eastern Life Indonesia yang ingin mendapatkan perlindungan sekaligus ingin berinvestasi dengan bijak lewat kontribusi terhadap lingkungan sosial yang berkelanjutan. Beberapa keunggulan utama dari Dana Investasi GreatLink SustAInability Equity Fund:

  1. Berinvestasi pada saham-saham unggulan berindeks ESG. GreatLink SustAInability Equity Fund akan berinvestasi pada saham-saham unggulan yang membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan sosial dengan menerapkan ESG. Saham-saham tersebut tergolong ke dalam indeks ESG Leaders pada IDX—indeks saham yang terdiri dari perusahaan dengan praktik ESG terbaik di Indonesia.
  2. Menggunakan Teknologi AI. Kinerja GreatLink SustAInability Equity Fund memanfaatkan teknologi AIOI (Artificial Intelligence of Investment) guna mengindentifikasi pola saham yang bergerak lebih tinggi dalam periode tertentu serta untuk mengoptimalkan portfolio investasi. Penggunaan teknologi AI akan disempurnakan oleh peran tim Great Eastern Life Indonesia yang akan meninjau rekomendasi portofolio saham untuk memastikan kesesuaiannya dengan strategi dan tujuan awal investasi nasabah serta untuk memaksimalkan risk return pada dana investasi.
  3. Menciptakan Dampak Positif. Dengan berinvestasi pada Indeks ESG Leaders, secara tidak langsung nasabah juga telah berkontribusi melakukan tanggung jawab sosial bagi masa depan yang baik lebih baik.

 

4 dari 5 halaman

Profil Risiko

Dari sisi profil risiko nasabah, selain untuk nasabah yang ingin berinvestasi pada saham berindeks ESG Leaders IDX, GreatLink SustAInability Equity Fund dirancang untuk nasabah produk Unit Link dengan profil risiko agresif yang memiliki tujuan jangka panjang.

Sejak diluncurkan, Great Eastern Life Indonesia juga berkomitmen menyediakan informasi dan edukasi yang dibutuhkan nasabah lewat berbagai kanal resmi perusahaan hingga melakukan monitoring dan evaluasi kinerja GreatLink SustAInability Equity Fund secara berkala.

Selama periode peluncuran dana investasi GreatLink SustAInability Equity Fund, Great Eastern Life Indonesia juga akan memberikan Total 144 Blue Carbon Package (116 Blue Carbon Package yang melambangkan usia Great Eastern di Asia dan 28 Blue Carbon Package yang melambangkan usia Great Eastern Life Indonesia di tahun 2024) untuk 144 nasabah pertama yang membeli produk GREAT Protection Link atau GREAT Investlink Protection dengan GreatLink SustAInability Equity Fund sebagai pilihan dana investasinya.

1 Blue Carbon Package itu sendiri berisi tumbuhan ekosistem karbon biru yang terdiri dari 2 mangrove dan 1 seagrass dari Carbon Ethics yang secara aktif dapat membantu menciptakan udara bersih dan lingkungan yang lebih baik.

 

5 dari 5 halaman

Nasabah Existing

Untuk nasabah existing yang telah memiliki produk PAYDI / Unit Link di Great Eastern Life Indonesia, juga bisa melakukan Fund Switch ke sub dana GreatLink SustAInability Equity Fund dengan mudah melalui Customer Portal GoGREAT! Services.

Dengan peluncuran GreatLink SustAInability Equity Fund, Great Eastern Life Indonesia tidak hanya menawarkan sebuah pilihan dana investasi yang menggabungkan ESG dan teknologi AI, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap masa depan yang lebih baik bagi lingkungan dan masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini