Sukses

Bursa Saham Asia Jeblok, Nikkei Pimpin Penurunan

Pasar Asia-Pasifik bervariasi pada hari Senin setelah reli Wall Street terhenti, dengan saham Jepang memimpin penurunan di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pasar Asia-Pasifik bervariasi pada hari Senin setelah reli Wall Street terhenti, dengan saham Jepang memimpin penurunan di wilayah tersebut.

Dikutip dari CNBC, Senin (11/3/2024), Nikkei 225 Jepang anjlok 2,18%, tergelincir di bawah angka 39.000 untuk pertama kalinya sejak 21 Februari, sementara Topix turun 1,9%.

Hal ini terjadi setelah Jepang berhasil menghindari resesi teknis, dengan revisi data resmi yang menunjukkan perekonomian tumbuh 0,4% pada periode Oktober-Desember tahun lalu, yang dapat membuka jalan bagi Bank of Japan untuk menaikkan suku bunga.

Secara terpisah, Tiongkok mencatat inflasi bulan pertama dalam empat bulan dengan indeks harga konsumen negara tersebut naik 0,7% YoY di bulan Februari.

CPI, yang turun 0,8% pada bulan Januari, dan juga mengalahkan ekspektasi 0,3% dari para ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Kospi Korea Selatan tergelincir 0,21%, dan saham berkapitalisasi kecil Kosdaq naik 0,17%.

Australia

Di Australia, S&P/ASX 200 memulai minggu ini dengan turun 1,33%, mundur dari level tertinggi sepanjang masa dan menghentikan kenaikan beruntun tiga hari.

Namun, indeks saham Hang Seng Hong Kong melawan penurunan yang lebih luas dan naik 1,53%, sedangkan CSI 300 Tiongkok daratan naik 0,31%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Ekonomi AS

Pada hari Jumat di AS, ketiga indeks utama melemah seperti yang terjadi pada kecerdasan buatan kesayangan Nvidia berakhir turun lebih dari 5% dalam sesi terburuk sejak akhir Mei.

Investor juga menilai data baru, dengan Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa nonfarm payrolls meningkat sebesar 275.000 pada bulan tersebut sementara tingkat pengangguran naik lebih tinggi menjadi 3,9%.

S&P 500 kehilangan 0,65%, sedangkan Nasdaq Composite tergelincir 1,16%. Keduanya berayun ke wilayah negatif setelah naik ke level tertinggi baru sepanjang masa di awal sesi. Rata-rata Industri Dow Jones melepaskan 0,18%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini