Sukses

Telkom Optimistis Trafik Jaringan Meningkat saat Momen Tahun Baru 2024

Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia (TLKM) Herlan Wijanarko menyatakan, lonjakan trafik jaringan mulai Jumat malam, 29 Desember 2023 hingga tahun baru 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut momen tahun baru 2024, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) atau Grup Telkom optimistis trafik jaringan bisa meningkat di tengah momentum Natal dan Tahun Baru 2024. 

Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia  Herlan Wijanarko menuturkan, pihaknya optimistis akan ada kenaikan trafik jaringan pada saat momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ini mengingat, aktivitas masyarakat pada perayaan tersebut turut meningkat. 

"Lonjakannya kami prediksi nanti malam tahun, tahun baru ya, tapi sekarang sudah mulai naik, terutama di jalur-jalur mudik kita, pelabuhan, bandara termasuk, dan nanti biasanya di malam itu tempat ibadah,” ujar dia saat ditemui di Jakarta, Jumat (29/12/2023). 

Sementara itu, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan aktivitas masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru yang meningkat secara signifikan tak terlepas dari peran Grup Telkom dalam hal penyediaan layanan telekomunikasi yang optimal. 

Grup Telkom senantiasa harus memastikan kesiapan infrastruktur dan seluruh layanan dapat ter-deliver dengan prima di seluruh Indonesia, serta memprioritaskan kenyamanan dan pengalaman terbaik bagi pelanggan. 

"Ya, itu kalau tahun baru, itu semua juga pasti akan posting, akan posting Instagram, kirim-kirim video, buka TikTok. Ya itu bayangkan kalau tahun baru itu bisa 100 juta orang mengakses gadgetnya, dan itu melakukan posting atau mendownload konten bersamaan,” kata pria yang akrab disapa Tiko. 

Pada momen Nataru kali ini, Grup Telkom telah menyiapkan infrastruktur yang beroperasi secara redundan baik dari 28 infrastruktur kabel laut Telkom maupun dengan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Telkom

Tidak hanya itu, peningkatan kapasitas sebesar 28 Tbps juga dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi yang terus meningkat tiap tahunnya, di mana tahun ini diproyeksikan mencapai 20,4 Tbps, meningkat 5,15% atau sebesar 1 Tbps dari NARU 2022/2023.

"Pada kesempatan ini, saya mengapresiasi seluruh pegawai Grup Telkom yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan posko Siaga Naru ini, karena meskipun masyarakat tidak melihat secara langsung, namun rekan-rekan sekalian telah bekerja keras di balik layar untuk memastikan kondisi network yang reliable, khususnya pada momen Natal dan Tahun Baru ini. Teruslah semangat memberikan layanan terbaik untuk Indonesia Maju,” ujar Kartika.

Demi memastikan pengalaman terbaik pelanggan, TelkomGroup telah mempersiapkan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 427 POI (point of interest) atau titik keramaian yang mencakup jalur mudik, fasilitas rumah ibadah, transportasi publik, kawasan wisata dan perumahan dengan penguatan 129 BTS Telkomsel.

Selain itu, pengawalan juga dilakukan untuk layanan di area publik yang krusial seperti layanan e-ticketing di 5 (lima) pelabuhan seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, dan Ciwandan, serta 266 digitalisasi SPBU di sepanjang jalur mudik.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Prioritas Perseroan

Keseluruhan infrastruktur dan layanan Grup Telkom dimonitor secara berkala melalui 90 Posko Utama, meliputi posko nasional, regional, Witel, divisi fungsi hingga anak perusahaan dengan melibatkan 19.503 personel yang bertugas 24x7 sejak 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024. Terdapat beberapa aplikasi dan perangkat yang digunakan untuk memonitor layanan dengan mekanisme laporan rutin secara harian ke posko nasional.

Pada momen akhir tahun ini, Grup Telkom memastikan kenyamanan pelanggan menjadi prioritas utama. Untuk itu, kami menyiapkan infrastruktur dan layanan dengan kualitas prima dilengkapi penawaran program khusus yang menarik bagi pelanggan untuk meramaikan momentum tersebut,” kata Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, Grup Telkom menghadirkan beragam penawaran menarik bagi pelanggan baik retail (Business-to-Consumer) domestik dan internasional serta bagi segmen korporasi (Business-to-Business). Pengalaman digital pelanggan juga terus diutamakan dengan adanya aplikasi-aplikasi yang dapat mendukung berbagai kebutuhan seperti Indibiz, Pijar, BigBox, hingga mobile gaming.

Tidak hanya berfokus pada bisnis, TelkomGroup juga secara aktif memaknai momentum NARU 2023/2024 dengan berbagi dengan masyarakat melalui kegiatan sosial penyerahan bantuan operasional untuk gereja dan panti asuhan, santunan bagi yayasan Nasrani serta dukungan digitalisasi untuk Sekolah Yayasan Nasrani.

"Memasuki penghujung tahun 2023, TelkomGroup ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan seluruh masyarakat Indonesia. Selamat mudik dan berlibur, semoga di tahun 2024 nanti, dengan digitalisasi kita dapat bersama-sama melangkah menuju masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.