Sukses

Bukalapak Dukung Pemberdayaan UMKM Perempuan melalui Program Perempuan Jadi Pengusaha

Di antara inisiatif pemberdayaan pelaku UMKM perempuan, Bukalapak mengadakan Perempuan Jadi Pengusaha - Ulik Resep Usaha Kuliner vol. 2.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak berkomitmen untuk terus memperluas dampak ini ke lebih banyak pelaku bisnis di seluruh Indonesia, termasuk pelaku bisnis perempuan. Hal Ini seiring perusahaan yang sudah membawa dampak ke lebih dari 24 juta UMKM di ekosistem BUKA.

Di antara inisiatif pemberdayaan pelaku UMKM perempuan, Bukalapak mengadakan Perempuan Jadi Pengusaha - Ulik Resep Usaha Kuliner vol. 2, sebuah sesi edukasi dengan mengundang bintang tamu Chef Putri Mumpuni untuk berbagi resep mudah dan peluang membangun bisnis kuliner kepada seluruh peserta.

Berdasarkan data dari Global Entrepreneurship Monitor tahun 2022, dari total populasi 85 juta jiwa perempuan usia produktif di Indonesia, sebanyak 36 persen diantaranya memilih untuk menjadi pengusaha. Ditambah, berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi pada 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar.

"Pelatihan Perempuan Jadi Pengusaha adalah salah satu langkah nyata dari komitmen kami untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh seluruh pelaku UMKM perempuan. Bukalapak ingin memberikan kesempatan yang merata kepada perempuan untuk terus meningkatkan kemampuan berbisnisnya.

Dengan begitu, perempuan bisa terus berpartisipasi dalam memajukan pertumbuhan ekonomi nasional.“ ujar CFO Bukalapak Natalia Firmansyah, seperti dikutip dari keterangan tertulis, dikutip Selasa (10/10/2023).

Hal ini sejalan dengan data yang disampaikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, kuliner merupakan sub sektor penyumbang terbesar dari Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif.

Subsektor kuliner menyumbang sekitar 41,69 persen dari total PDB ekonomi kreatif sebesar Rp 852,24 Triliun pada 2022. Pada tahun yang sama, industri kuliner juga menjadi salah satu industri yang menyerap karyawan/pegawai paling banyak yakni sebesar 2,46 juta jiwa.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Bukalapak

Perempuan Jadi Pengusaha merupakan satu dari berbagai program Bukalapak untuk memberdayakan para wanita Mitra Bukalapak & Pelapak, istri dari Mitra Bukalapak, dan wanita-wanita potensial lainnya dengan pelatihan kewirausahaan dan keterampilan yang dapat mereka terapkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis.

Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup. Hal ini juga merupakan salah satu strategi dan komitmen Bukalapak dalam bidang Social & Governance, yaitu untuk menghapus kemiskinan dengan meningkatkan pendapatan melalui kewirausahaan.

Program ini mendapat dukungan dari sejumlah instansi pemerintah, termasuk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dalam pembukaan kegiatan Perempuan Jadi Pengusaha pertama pada 2022, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga menuturkan, perempuan memiliki peran besar dalam menyelamatkan Indonesia dalam situasi krisis.

"Dalam menciptakan wirausaha yang berkelanjutan, perempuan tidak hanya perlu dibekali dengan keterampilan, akses terhadap permodalan maupun literasi keuangan. Literasi digital yang memumpuni tidak kalah penting mengingat platform digital telah memainkan peran kunci dalam mendukung UMKM khususnya yang bergerak di sektor kuliner untuk mengatasi pandemi dan menaikan omset usaha," ujar Bintang.

 

 

3 dari 4 halaman

Kunci Cetak Perempuan Berdaya

Ia menuturkan, sinergi dengan berbagai instansi, salah satunya adalah Bukalapak menjadi kunci dalam mencetak perempuan-perempuan berdaya secara ekonomi untuk mendorong terwujudnya dunia yang setara bagi semua di masa kini maupun masa depan.

Pada tahun ini, Perempuan Jadi Pengusaha kembali diadakan dan turut mendapat dukungan dari Bank Indonesia yang juga memiliki berbagai program dalam mendorong UMKM perempuan.

Putri Mumpuni yang merupakan koki, konsultan usaha kuliner dan pemilik restoran heytubo, Makmur Kopitiam dan Chins Chili, membagikan kisah sukses dan inspiratif tentang cara memanfaatkan kesempatan dan membangun bisnis, serta membagikan tips masak mudah kepada para peserta.

Kegiatan ini berhasil menarik lebih dari 1.000 peserta yang merupakan pelaku usaha perempuan, mahasiswa dan pelajar melalui kanal zoom dan siaran langsung melalui Youtube Bukalapak dan Mitra Bukalapak.

 

4 dari 4 halaman

Rencana Bukalapak

"Kami mengapresiasi dan bangga kepada Bukalapak yang terus berinisiasi menyelenggarakan kegiatan kepada perempuan untuk menjadi pengusaha. Perempuan menjadi pengusaha merupakan salah satu tren positif yang berkembang di Indonesia," tutur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta saat membuka pelatihan Perempuan Jadi Pengusaha Vol. 2 Arlyana Abubakar.

Ia menambahkan, berbagai faktor seperti program inkubasi bisnis dan pembiayaan mampu meningkatkan kemampuan perempuan untuk memulai dan mengelola usaha, meningkatkan kontribusi terhadap kesejahteraan keluarga dan akhirnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Selain Perempuan Jadi Pengusaha, Bukalapak juga memiliki program awarding bernama PUJAAN. Dalam program ini Bukalapak memberi kesempatan kepada para pelapak dan Mitra Bukalapak perempuan untuk mendapatkan bantuan modal dengan total hadiah lebih dari Rp. 100,000,000 dengan cara membagikan kisahnya melalui video kreatif di media sosial dan memaparkan rencana usahanya pada tim juri.

Ke depan, Bukalapak akan terus berkomitmen untuk memperkuat program pemberdayaan ini, termasuk kembali menyelenggarakan Perempuan Jadi Pengusaha dan PUJAAN di waktu mendatang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini