Sukses

Anak Usaha Indika Energy Raih Pinjaman USD 50 Juta dari Bank DBS

Manajemen Indika Energy (INDY) menyatakan pinjaman tersebut akan meningkatkan likuiditas keuangan perseroan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usaha PT Kariangaku Gapura Terminal Energi (KGTE) mendapatkan pinjaman dari Bank DBS Indonesia.

Anak usaha Indika Energy kantongi pinjaman USD 50 juta atau sekitar Rp 767,85 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.357) setelah menandatangani perjanjian pinjaman dengan Bank DBS Indonesia pada 20 September 2023. Pinjaman tersebut berjangka waktu 3,5 tahun sejak penandatanganan perjanjian fasilitas.

“Fasilitas tersebut akan digunakan oleh KGTE untuk pembayaran atas fasilitas term loan sindikasi KGTE yang ada,” tulis Sekretaris Perusahaan PT Indika Energy Tbk (INDY), Adi Pramono.

Adi menuturkan, perjanjian jaminan korporasi antara PT Interpot Mandiri Utama (IMU) dengan Bank DBS yang merupakan jaminan atas perjanjian fasilitas.

Adapun IMU dan KGTE merupakan anak perusahaan yang dimiliki 100 persen oleh perseroan secara tidak langsung. Perjanjian jaminan korporasi ini merupakan transaksi afiliasi yang menurut POJK 42/2022 Pasal 6 ayat 1 butir b 3 diwajibkan untuk dilaporkan kepada OJK paling lambat akhir hari kerja kedua setelah tanggal transaksi afiliasi.

“Transaksi ini tidak berdampak material, namun akan meningkatkan likuiditas keuangan perseroan,” tulis Adi.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat, 22 September 2023, saham INDY melonjak 2,27 persen ke posisi Rp 2.250 per saham. Saham INDY dibuka turun 10 poin ke posisi Rp 2.190 per saham. Saham INDY berada di level tertinggi Rp 2.280 dan terendah Rp 2.180 per saham. Total frekuensi perdagangan 4.119 kali dengan volume perdagangan 169.180 saham. Nilai transaksi Rp 38,1 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Geber Bisnis Kendaraan Listrik, Anak Usaha Indika Energy Kantongi Kucuran Dana USD 45 Juta

Sebelumnya, PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usahanya, PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI), PT Indika Energy Infrastructure (IEI) dan PT Ilectra Motor Group (IMG) telah menandatangani perjanjian-perjanjian dengan investor pada 17 Agustus 2023.

Adapun investor tersebut terdiri dari Horizon Ventures, Alpha JWC III, L.P. dan afiliasinya, HH-CTBC Partnership. L.P., dan Brama One Ventures Limited terkait rencana investasi mereka di IMG. 

Sekretaris Perusahaan Indika Energy Adi Pramono mengatakan, rencana transaksi ini akan terdiri dari peningkatan modal dalam IMG oleh SMI dan IEI serta pemberian pinjaman yang dapat dikonversikan kepada IMG oleh para investor dengan jumlah mencapai USD 45 juta. 

Sementara itu, tanggal jatuh tempo dari pinjaman yang dapat dikonversikan rencana transaksi ini adalah 19 Mei 2028 dan dapat diperpanjang sampai dengan atau sebelum tanggal 19 Mei 2032.

Penyelesaian dari rencana transaksi masih bergantung pada pemenuhan persyaratan oleh para pihak sebagaimana diatur dalam perjanjian-perjanjian, persyaratan-persyaratan mana ditargetkan untuk dipenuhi dalam 30 hari kalender setelah tanggal penandatanganan perjanjian-perjanjian.

"Rencana transaksi dalam Perseroan selaras dengan strategi diversifikasi Perseroan khususnya dalam rangka ekspansi sektor usaha kendaraan listrik dan menyediakan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia," kata dia.

Pada penutupan perdagangan saham Senin, 21 Agustus 2023, saham INDY naik 2,46 persen ke posisi Rp 2.080 per saham. Saham INDY berada di level tertinggi Rp 2.080 dan terendah Rp 2.030 per saham. Total frekuensi perdagangan 2.592 kali dengan volume perdaganganb 120.830 lot saham. Nilai transaksi Rp 25 miliar.

 

 

3 dari 3 halaman

Indika Energy Buka Peluang Gandeng Korporasi Lain Kembangkan Kendaraan Listrik

Sebelumnya, emiten energi, PT Indika Energy Tbk (INDY) membuka peluang bisnis bagi perusahaan-perusahaan lain yang ingin bekerja sama di bidang charging station.

Wakil Direktur Utama Indika Energy Azis Armand menuturkan, pihaknya selalu membuka kesempatan bagi perusahaan lain yang ingin bergabung mengembangkan ekosistem kendaraan listrik ini.

"Jadi apabila ada publik yang mau bekerja sama dengan kita dari sisi charging station, kami terbuka," kata Azis saat ditemui Liputan6.com di sela acara GIIAS 2023, Jumat (11/8/2023).

Adapun kebutuhan investasi untuk charging station sendiri membutuhkan dana sebesar Rp 400 juta sampai dengan Rp 600 juta per unit. Ini mengingat charging station memiliki beberapa tipe.

Asal tahu saja, INDY melalui anak usahanya PT Energi Makmur Buana (EMB) meneken kerjasama lokalisasi mesin pengisian kendaraan berbasis baterai dengan Daeyoung Chaevi Co., Ltd yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam industri pengisian baterai listrik global. 

Sebagai bagian dari kesepakatan ini, Indika Energy melalui EMB akan berperan sebagai mitra lokal dalam mendukung proses lokalisasi, termasuk manufaktur, penelitian, dan pengembangan komponen yang diperlukan untuk produksi mesin pengisian baterai listrik yang inovatif.

Selain charging station, Indika Energy dan INVI bekerja sama dalam mengoperasikan bus listrik merek KGM.

Hingga saat ini yang telah beroperasi sebanyak dua unit. Satu unit dioperasikan di Bandara oleh Damri, sedangkan satu unit lagi sedang masa trial untuk Transjakarta. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.