Sukses

Intip Gerak Harga Saham Emiten Bank BUMN Hari Ini 11 September 2023

Melihat pergerakan harga saham emiten bank BUMN pada Senin, 11 September 2023. Saham BBRI pimpin penguatan pada awal pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah emiten perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mengalami kenaikan harga saham pada awal pekan ini.

Melansir RTI, harga saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) naik 1,40 persen ke level Rp 5.425 per saham pada penutupan perdagangan Senin (11/9/2023).

Namun, dalam sepekan terakhir, harga saham BBRI turun 3,56 persen. Harga saham emiten ini juga turun 3,98 persen dalam sebulan terakhir. Terlepas dari itu, sejak awal tahun hingga hari ini (year to date/YtD), harga saham BBRI mampu tumbuh 9,82 persen.

Beralih ke PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), harga saham bank pelat merah ini naik tipis 0,42 persen ke level Rp 5.925 per saham pada Senin (11/9/2023). Sepekan terakhir, harga saham BMRI bergerak turun 2,87 persen sedangkan dalam sebulan terakhir tampak harga saham emiten ini stagnan alias tidak bergerak. Adapun sejak awal tahun, harga saham BMRI telah melesat 19,40 persen YtD.

Berikutnya, harga PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) juga naik 0,80 persen ke level Rp 9.450 per saham pada Senin (11/9/2023). Dalam sepekan terakhir, harga saham BBNI stagnan di level 0 persen, sedangkan dalam sebulan terakhir saham emiten ini naik 3,85 persen. Secara YtD atau sejak awal tahun, harga saham BBNI meningkat 2,44 persen.

Berbeda dengan tiga emiten bank BUMN lainnya, harga saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) turun 0,40 persen ke level Rp 1.245 per saham pada Senin, 11 September 2023. Harga saham BBTN juga terkoreksi 0,80 persen dalam seminggu terakhir dan 3,86 persen dalam sebulan terakhir. Tidak hanya itu, harga saham BBTN turun 7,78 persen secara YtD atau sejak awal tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menelisik Prospek Saham Emiten Bank BUMN Usai Cetak Kinerja Tangguh pada Semester I 2023

Sebelumnya, Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara (Mandiri, BRI, BNI, dan BTN) berhasil mencetak kinerja yang tangguh hingga akhir Juni 2023.

Pada periode tersebut, mayoritas emiten bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membukukan kenaikan pendapatan maupun laba. Lantas, bagaimana prospek saham emiten bank BUMN hingga akhir 2023?

Pengamat Pasar Modal Desmond Wira mencermati emiten perbankan BUMN masih memiliki prospek yang cerah. Ini mengingat pencapaian kinerja yang terus tumbuh dan dibayangi sejumlah sentimen positif.

"Sentimen ekonomi Indonesia yang masih tumbuh positif ikut mendongkrak saham-saham bank BUMN,” kata Desmond kepada Liputan6.com, Senin (4/9/2023).

Bagi investor, ia merekomendasikan buy on weakness untuk saham BBNI, BMRI, dan BBRI.  "Untuk pilihan saham bisa dicoba BBNI, karena PBV masih 1,25 kali dibanding saham big bank lainnya seperti BMRI 2,4 kali BBRI 2,9 kali,” kata dia.

Sejalan dengan Desmond, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta menilai emiten perbankan BUMN masih memiliki prospek positif. Sebab, Bank BUMN ini dibayangi oleh sentimen positif dari peningkatan government spending (pengeluaran dana pemerintah) maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, saham Himbara juga bakal terdongkrak oleh perekonomian Tanah Air di mana pemerintah berhasil menjaga ekonomi domestik. Sehingga, permintaan kredit pun ikut naik. 

Meski demikian, ia menilai emiten perbankan BUMN tetap dibayangi sentimen dari global, yakni kebijakan suku bunga yang diterapkan bank sentral AS atau the Fed.

"Tantangan (emiten bank BUMN) seputar global, yaitu kebijakan suku bunga yang diterapkan bank sentral AS,” kata Nafan.

Untuk para pelaku pasar, Nafan merekomendasikan akumulasi saham BBNI dan BBRI. Sebab, kedua saham tersebut diyakini prospektif. 

 

3 dari 3 halaman

Cetak Kinerja Keuangan Positif, Simak Rekomendasi Saham Emiten Bank BUMN

Sebelumnya, Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara (Mandiri, BRI, BNI, dan BTN) berhasil mencetak kinerja positif hingga akhir Juni 2023.

Pada periode tersebut, mayoritas emiten bankBadan Usaha Milik Negara (BUMN) membukukan kenaikan pendapatan maupun laba. Lantas, bagaimana prospek saham emiten Bank BUMN hingga akhir 2023?

Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani mencermati saham emiten perbankan memiliki prospek yang cerah. Ini mengingat adanya sejumlah sentimen positif mampu mendongkrak harga sahamnya. 

"Kalau kita melihat emiten perbankan top 4 juga yang termasuk banking yaitu sektor keuangan sangat kondusif dengan fundamental dengan rasio kunci yang masih aman dan valuasi yang masih menarik (undervalued),” terang Arjun kepada Liputan6.com, Jumat (8/9/2023).

Ditambah lagi, emiten sektor perbankan dibayangi oleh sentimen positif dari pertumbuhan ekonomi Tanah Air dan permintaan kredit yang naik cukup signifikan. 

Dengan demikian, Arjun merekomendasikan beli untuk saham BBRI dengan target harga Rp 5.750 per saham.

Dihubungi terpisah, pengamat Pasar Modal Desmond Wira mencermati emiten perbankan BUMN masih memiliki potensi yang menjanjikan. Hal ini didukung oleh pencapaian kinerja yang terus tumbuh dan adanya sejumlah sentimen positif.

"Sentimen ekonomi Indonesia yang masih tumbuh positif ikut mendongkrak saham-saham bank BUMN,” kata Desmond. 

Bagi para investor, ia merekomendasikan buy on weakness untuk saham BBNI, BMRI, dan BBRI. 

"Untuk pilihan saham bisa dicoba BBNI, karena PBV masih 1,25 kali dibanding saham big bank lainnya seperti BMRI 2,4 kali BBRI 2,9 kali,” ujar dia.

Sejalan dengan Desmond, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta menilai, emiten perbankan BUMN masih memiliki prospek positif. Sebab, bank BUMN terbantu oleh sentimen positif dari peningkatan government spending (pengeluaran dana pemerintah) maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini