Sukses

Mau Investasi tapi Modal Minim, Calon Investor Dapat Lakukan Ini Dulu

Liputan6.com, Jakarta - Saham menjadi salah satu instrumen yang digandrungi generasi muda saat ini. Pada umumnya, jenis transaksi di pasar saham dibagi dalam dua jenis, yakni investasi atau transaksi untuk jangka panjang dan trading atau transaksi jangka pendek.

Meski memiliki horizon waktu yang berbeda, keduanya memiliki tujuan sama yakni adanya imbal hasil. Namun, sebelum jauh pada hasil akhir berupa cuan, Professional trader, Andy Senjaya mengatakan calon investor perlu tahu perkembangan pasar terkini. Hal itu sebagai langkah untuk mengukur tingkat risiko investasi atau trading.

Selanjutnya, hal yang tak penting yakni modal. Andy sempat bercerita bahwa ia mengerahkan modal dalam nominal cukup besar saat masuk pasar saham.

"Jadi sempat ikut acara survival competition. Hadiahnya RP 1 miliar, bagi dua. Jadi lumayan. Itu saya alokasikan untuk modal trading. Setelah itu, fokusnya adalah bagaimana capital (modal) tu bisa tumbuh,” kata Andy dalam talk show bersama Mandiri Sekuritas di Jakarta, Rabu (1/12/2022).

Namun, bukan berarti jika modal minim tak ada kesempatan masuk pasar saham. Andy menambahkan, bagi yang modalnya minim masih bisa memperkaya diri dengan pengetahuan.

Hal ini penting untuk meminimalkan risiko di pasar modal. Seperti diketahui, investasi di pasar modal menawarkan keuntungan yang berbanding lurus dengan risiko.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kesadaran Investasi

Artinya, jika ingin untung besar, risikonya juga besar. Sebaliknya, untuk yang relatif kecil, umumnya juga memiliki risiko lebih kecil.

"Jadi kalau capitalnya masih minim, kita fokus untuk cari skillnya dulu, terus cari tambahan capital. Karena capital ini jadi salah satu elemen yang penting,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Entrepreneur & Investment Content Creator, Fellexandro Ruby menambahkan, generasi muda saat ini umumnya sudah memiliki kesadaran untuk investasi.

Contoh sederhana, ia menyebutkan perawatan kulit (skincare) sebagai bentuk investasi. Lantaran, tak sedikit pengeluaran yang dialokasikan untuk mendapat kulit sehat di masa mendatang melalui pemakaian skincare.

"Jadi ini bagaimana caranya memanage investasi dengan mengubah lifestyle. Saya percaya milenial sudah ada bibit dan lifestyle untuk investasi, contohnya seperti pada skincare,” ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Mandiri Sekuritas Ramal IHSG Sentuh 7.300 pada Akhir 2022

Sebelumnya, PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan ditutup di atas level 7.000 pada akhir 2022.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Oki Ramadhana menyebutkan, kendati kondisi ekonomi masih dinamis tetapi optimistis IHSG dapat mencapai 7.300 pada akhir 2022.

"Prediksi Mandiri Sekuritas masih di 7.300. Kita optimis ke depan, walaupun semua orang bilang ada resesi dan lainnya. Tapi kalau kita lihat pipeline transaksi kita ke depan, memang belum tentu semuanya jalan, tapi ini semua masalah timing market. Kita optimis market tahun depan lebih baik,” kata Oji di Jakarta, ditulis Rabu (1/12/2022).

Dari sisi sektornya, Oki menyebutkan sektor financial akan andil besar pada pergerakan IHSG. Sektor ini diminati utamanya karena memiliki likuiditas tinggi. Namun, secara umum Oki mengatakan, seluruh sektor memiliki kontribusi, termasuk sektor teknologi yang terpantau menjadi pemberat IHSG beberapa waktu terakhir.

“Dari sisi likuiditas, sektor finansial seperti bank itu selalu menjadi primadona karena likuiditasnya sangat bagus, sehingga tradingnya naiknya makin besar. Harus diperhatikan masalah likuiditas ini,” Oki menambahkan.

Adapun untuk sektor teknologi, Oki masih melihat prospek cerah di masa mendatang. Apalagi Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan papan baru yaitu papan ekonomi baru (new economy). Secara garis besar, papan ini setara papan utama. Namun pembeda yang paling kentara adalah penggunaan teknologi pada model bisnisnya.

 

4 dari 4 halaman

Sektor Teknologi

"Sektor ini (teknologi) itu sektor yang tumbuhnya tinggi sekali. Kalau kita lihat bisnis tradisional seperti penambangan dan lainnya, dari sisi pertumbuhan itu terbatas. Sehingga ini bisa menggairahkan pasar, di mana riwayat pertumbuhan bisa lebih tinggi,” kata Oki. 

Dalam beberapa waktu terakhir sektor saham teknologi jadi pemberat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Dalam sepekan, IDX Sector Technology susut 702,15 poin atau 10,64 persen per 30 November 2022.

Oki menambahkan, efisiensi dan rasionalisasi perusahaan berbasis teknologi harus dinamis menghadapi kondisi pasar, utamanya saat ini. Pernyataan tersebut menjawab tren pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh banyak perusahaan teknologi beberapa waktu terakhir.

“Perusahaan teknologi banyak PHK massal bukan berarti fundamental dan bisnis modelnya salah. Efisiensi dan rasionalisasi mereka harus dinamis menghadapi kondisi pasar, kalau kondisi pasar tidak bagus, bukan berarti fundamental mereka jelek. Saya optimis perusahaan teknologi memiliki model bisnis yang bagus.” kata Oki.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.
    Investasi
  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe
    Saham
  • Modal adalah uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang.
    modal
  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.
    pasar modal
  • Investor