Sukses

Elon Musk Pilih Tesla Bikin Robot Ketimbang Model Mobil Baru

CEO Tesla Elon Musk menuturkan, pihaknya tidak berencana untuk memperkenalkan Cybertruck tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla Elon Musk menyampaikan robot humanodi adalah produk paling penting yang sedang dikembangkan tahun ini oleh Tesla bahkan lebih diprioritaskan dari Cybertruck dan kendaraan lain yang sempat digembar-gemborkan termasuk semi dan roadster.

Hal itu Elon Musk sampaikan dalam rapat laporan penghasilan kuartal IV perusahaan. Dia pertama kali memperkenalkan Tesla Bot pada Agustus 2021. Robot ini menyerupai manusia.  Peluncuran ini sekaligus memperingati Hari AI (Artificial Intelligence).  Perusahaan pun sadar robot itu belum sepenuhnya berhasil. Pada 2023, Tesla berharap bisa mempunyai prototipe.

"Saya pikir itu (Optimus – nama robot) memiliki potensi untuk menjadi lebih baik dalam jangka panjang daripada bisnis kendaraan ,” ujar Musk, dikutip dari laman CNBC, ditulis Minggu (30/1/2022).

Bos Tesla menambahkan perusahaan tidak berencana untuk memperkenalkan Cybertruck tahun ini. Kendati saat ini tidak mengerjakan kendaraan seharga USD 25 ribu. Chip yang tersisa menghambat peluncuran model-model baru tanpa mengakibatkan jumlah kendaraan yang dikirim lebih sedikit.

Namun, sudah bertahun-tahun, perbaikan dan pengembangan tidak membuahkan hasil. Pada Rabu, Elon Musk mengatakan memiliki potensi guna merevolusi ekonomi jika dapat melakukan tugas-tugas yang sekarang hanya dapat dilakukan oleh manusia.

"Jika Anda berpikir tentang ekonomi, itu adalah – fondasi ekonomi adalah tenaga kerja. Peralatan modal adalah tenaga kerja suling. Jadi apa yang terjadi jika Anda tidak benar-benar kekurangan tenaga kerja? Saya tidak yakin apa arti ekonomi pada saat itu. Itulah tentang Optimus, jadi [itu] sangat penting,” ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Musk

Kemajuan industri robot memungkinkan perusahaan mengganti sebuah pekerjaan dengan mesin. Namun, robot-robot itu memiliki keterbatasan teknologi sedemikian rupa sehingga beberpa tugas masih membutuhkan tenaga manusia.

"Optimus dirancang dimaksudkan untuk ramah dan bisa menavigasi melalui dunia manusia, dan menghilangkan tugas-tugas berbahaya, berulang dan membosankan,” ungkap Musk saat peluncuran Optimus.

Robot itu adalah contoh kecakapan memainkan pertunjukan Musk. Tesla sedang mengerjakan produk-produk menarik yang dijadwalkan selama bertahun-tahun ke depan yang membantu memberi energi pada karyawan, pelanggan, dan investor. Seringkali, inovasi yang diumumkan tidak direalisasikan dalam timeline yang diproyeksikan.

Misalnya, pada acara Hari Otonomi pada April 2019, Musk mengatakan perusahaan akan memiliki 1 juta ”robotaxis otonom" di jalan pada 2020. Robotaxis itu masih belum ada.

 

Reporter: Ayesha Puri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.