Sukses

SEC Ingatkan Investor Waspada Investasi di SPAC, Kenapa?

SEC juga mengingatkan tentang pembelian saham-saham emiten yang disebut perusahaan akuisisi bertujuan khusus hanya karena mereka didukung oleh selebritas, termasuk bintang film dan atlet.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS) atau SEC, badan independen pemerintah yang bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan peraturan-peraturan perdagangan efek menilai tidak merupakan ide baik untuk investasi di perusahaan hanya selebritas yang mendukungnya.

SEC juga mengingatkan tentang pembelian saham-saham emiten yang disebut perusahaan akuisisi bertujuan khusus hanya karena mereka didukung oleh selebritas, termasuk bintang film dan atlet.

Perusahaan akuisisi bertujuan khusus, atau SPAC, adalah perusahaan cangkang yang mengumpulkan dana-dana untuk mengakuisisi entitas swasta dengan tujuan menjadikannya publik, memungkinkan perusahaan tersebut menghindari IPO tradisional untuk memasuki pasar publik.

SEC mengatakan dukungan selebritas pada SPAC tidak selalu menjadikannya taruhan yang aman bagi investor. Selebritas, seperti yang lainnya, dapat dibujuk ke dalam investasi berisiko, tetapi mereka mungkin lebih mampu mempertahankan risiko kerugian, tambah regulator sekuritas itu.

"Tidak pernah merupakan ide yang baik untuk berinvestasi di SPAC hanya karena seseorang yang terkenal mensponsori atau berinvestasi di dalamnya atau mengatakan itu adalah investasi yang bagus," ujar SEC, seperti dilansir dari Antara, Kamis (11/3/2021).

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kegilaan SPAC baru-baru ini telah menarik perhatian sejumlah tokoh selebritas arus utama seperti bintang rap Jay-Z, legenda tenis Serena Williams, dan mantan pemain basket NBA yang paling dominan Shaquille O'Neal yang telah mensponsori perusahaan cek kosong mereka sendiri atau bergabung dengan dewan SPAC lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Selebritas

  • SPAC

  • SEC