Sukses

IPO Alibaba Diminati Investor

Harga saham perdana grup Alibaba naik menjadi US$ 66-US$ 68 dalam rangka penawaran saham perdana di bursa saham New York

Liputan6.com, Hong Kong - Grup Alibaba menaikkan jumlah penawaran saham perdana/initial public offering (IPO) menjadi US$ 21,8 miliar atau sekitar Rp 259 triliun (asumsi kurs rupiah 11.919). Jumlah ini selangkah lagi untuk memecahkan rekor penggalangan dana global setelah investor menunjukkan minat kuat terhadap penawaran saham perdana Alibaba.

Perusahaan e-commerce terbesar di China ini menawarkan saham sebesar US$ 66-US$ 68 dari penawaran awal sekitar US$ 60-US$ 66. Perusahaan dan para pemegang saham lainnya termasuk Yahoo berencana menawarkan 320,10 juta saham. Alibaba diperkirakan menetapkan harga pada 18 September.

Menurut sumber, meski harga saham yang ditawarkan tinggi, price earning perseroan di bawah di antara perusahaan internet China lainnya. Pendiri Alibaba, Jack Ma menuturkan, pihaknya tidak akan mencari valuasi terlalu tinggi.

Nilai pasar Alibaba diperkirakan sekitar US$ 167,6 miliar, atau sekitar 29 kali dari perkiraan empat analis untuk laba pada 2014 hingga Maret 2015. Laba bersih Alibaba diperkirakan naik lebih dari 50 persen pada tahun fiskal.

Berdasarkan data Bloomberg, perusahaan-perusahaan internet dan e-commerce China di bursa saham Hong Kong dan New York mencatatkan 43 kali estimasi laba.

Jack Ma berusaha untuk mengindari kesalahan dari IPO Alibaba.com, yang anjlok di bawah harga IPO setelah pendaftaran. Alibaba akhirnya delisting pada 2012 dengan harga IPO.

Alibaba bertujuan untuk menjadi perusahaan global dan berencana memperluas bisnisnya di Eropa, Amerika Serikat (AS) dan Asia. Untuk membantu penawaran saham perdana ini, pihaknya telah menujuk Credit Suisse Group AG, Deutshce Bank AG, Goldman Sachs Group Inc, JP Morgan Chase, Morgan Stanley, dan Citigroup Inc.

Sementara itu, Rothschild bertindak sebagai penasihat IPO independen untuk Alibaba, Perusahan ini akan mencatatkan seluruh sahamnya di bursa saham New York dengan simbol BABA. (Ahm/)

 

Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.