Sukses

PAMA Persada Salurkan Ribuan Paket Logistik untuk Korban Banjir di Muara Enim

Bantuan ribuan mealbox dari PT PAMA Persada Nusantara (PAMA) Cluster SSBA untuk warga di Kabupaten Muara Enim Sumsel yang jadi korban banjir luapan debit air Sungai Enim.

Liputan6.com, Palembang - Luapan debit air dari Sungai Enim akibat hujan deras, membuat empat desa di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan (Sumsel) terendam banjir, pada Kamis (23/5/2024).

Dari data BNPB, empat desa tersebut yakni Desa Keban Agung di Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Desa Lingga, Desa Darmo dan Desa Tegarejo di Kelurahan Tanjung Selatan di Kecamatan Lawang Kidul Muara Enim Sumsel.

Ada sekitar 1.237 unit rumah yang terendam, bahkan beberapa akses jalan yang terendam banjir tidak bisa dilewati. Ribuan warga Muara Enim jadi korban banjir, sehingga mereka harus diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir di Muara Enim, PT PAMA Persada Nusantara (PAMA) Cluster Sumatera Selatan Bukit Asam (SSBA) menyalurkan bantuannya.

Sebanyak 3.000 mealbox, 450 dus mie instan dan 380 dus air mineral sudah dibagikan ke warga di empat desa di Muara Enim.

Menurut Project Manager PAMA Bayu Setyawan, mereka prihatin terhadap bencana banjir yang sedang terjadi. Melalui tim Corporate Social Responsibility (CSR), PT PAMA langsung menyalurkan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

"Seluruh bantuan yang PAMA lakukan ini semata-mata untuk membantu para korban banjir, karena PAMA menjadi bagian dari Kabupaten Muara Enim,” katanya, Senin (27/5/2024).

Untuk memudahkan penyaluran bantuan logistik, PAMA SSBA menurunkan dua tim Emergency Rescue Team (ERT) ke lokasi bencana.

Tim tersebut yang langsung menyalurkan bantuan melalui posko-posko banjir di Kecamatan Lawang Kidul dan Kecamatan Muara Enim di Kabupaten Muara Enim.

Ada 14 personel rescue dan 2 unit perahu karet dari tim ERT PAMA, yang diturunkan ke lokasi banjir di Kabupaten Muara Enim Sumsel.

“Mereka juga bertugas untuk berkoordinasi dengan BNPB dalam membantu proses evakuasi warga yang terjebak banjir,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Water Truck

Dia berkata, bantuan tersebut disebar ke beberapa posko yakni posko pusat Kecamatan Lawang Kidul di Masjid Assadah, Posko lima Posko Desa/Kelurahan di Kecamatan Lawang Kidul, dan dua Posko Kelurahan di Kecamatan Muara Enim.

PT PAMA SSBA juga mendatangkan 1 unit water truck, untuk membantu membersihkan jalanan dari lumpur sisa banjir.

Camat Lawang Kidul Andrille Martin berterima kasih atas respon cepat PAMA SSBA, terhadap banjir yang datang secara tiba-tiba.

"Kami sangat bersyukur banyak mitra perusahaan yang turut membantu, khususnya PAMA yang dengan cepat bergerak menurunkan tim ERT dan memberikan bantuan," ungkapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.