Sukses

Banjir Muara Enim Sumsel: 1.237 Rumah Warga Terendam, 6.605 Orang Terdampak

Air Sungai Enim yang meluap melimpas ke permukiman warga di 4 desa Muara Enim, Sumsel.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 4 desa di Muara Enim, Sumatera Selatan, terendam banjir akibat Sungai Enim meluap tak mampu membendung debit air hujan yang turun dengan intensitas tinggi pada Kamis (24/5/2024).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, wilayah yang terdampak banjir Muara Enim meliputi Desa Keban Agung (Kelurahan Pasar Tanjung Enim), Desa Darmo, Desa Lingga, dan Desa Tegarejo (Kelurahan Tanjung Selatan) yang masing-masing masuk wilayah administratif Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim.

Pusdalops BNPB mengonfirmasi berdasarkan pantauan tim petugas gabungan di lapangan kondisi mutakhir banjir tersebut memiliki ketinggian muka air sekitar 40 centimeter hingga 2 meter.

"Pencatatan sementara ada sebanyak 6.605 orang warga yang terdampak banjir tersebut," ujarnya.

Data yang didapatkan tim BNPB sementara ini setidaknya sebanyak 1.237 unit rumah terendam, dan beberapa akses jalan tidak bisa dilintasi kendaraan karena terendam banjir.

Terlepas dari itu, ia memastikan saat ini tim gabungan terdiri atas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI/Polri, Basarnas daerah setempat bersiaga di lokasi bencana.

Puluhan personel tim gabungan itu membawa serta beberapa unit perahu karet untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir aliran Sungai Enim.

Posko Penanganan Darurat pun sudah didirikan, yakni berlokasi di halaman Masjid As Sada, Kelurahan Pasar Tanjung, Kecamatan Lawang Kidul.

Dengan didirikannya posko tersebut, tim gabungan pun dilaporkan sudah mulai memberikan bantuan logistik berupa makanan dan kebutuhan lainnya bagi para korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.