Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Kukuhkan KDEKS Sulbar, Pj Gubernur Siap Kembangkan Ekonomi Syariah

Ekonomi dan keuangan syariah adalah salah satu pilar kekuatan baru untuk mendukung ketahanan ekonomi nasional serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Liputan6.com, Mamuju Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi istri melakukan pengukuhan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sulawesi Barat (Sulbar) di Ballroom Hotel Maleo Kabupaten Mamuju, Rabu (22/05/24).

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin menyampaikan, lima tahun terakhir ekonomi syariah terus tumbuh signifikan dan optimis ekonomi syariah akan tumbuh kedepan. Dia menjelaskan, empat fokus pengembangan ekonomi syariah, yaitu industri keuangan, halal, dana syariah zakat dan wakaf dan pengusaha. 

Selain itu penguatan kelembagaan dan penguatan sinergi antara pusat dan daerah yang efektif agar menjadi daya dorong keberhasilan ekonomi syariah di Daerah. Olehnya Wapres Ma'ruf Amin mengapresiasi atas terbentuknya KDEKS Sulbar. 

"Pengukuhan KDEKS ini menjadi sebuah ikhtiar mewujudkan ekonomi syariah agar semakin luas berdampak signifikan bagi perekonomian wilayah," ucap Ma'ruf Amin .

Dalam rangkaian pengukuhan, juga telah dilaksanakan Pekan Ekonomi Syariah (Peksyar). Kata Wapres Ma'ruf Amin event tersebut didorong menjadi event nasional untuk meningkatkan literasi masyarakat sekaligus sarana yang baik membangun sinergi. 

"Ini dijadikan agenda nasional dan agenda daerah dalam rangka membangun ekonomi syariah," ungkapnya. 

Sedangkan, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin berterima kasih dan bersyukur sebab baru lima hari bertugas sebagai Pj Gubernur langsung mendapat kunjungan dari wapres.

"Ini suatu berkah dan berkah bagi masyarakat Sulbar," ucap Bahtiar. 

 Bahtiar menjelaskan, ekonomi dan keuangan syariah adalah salah satu pilar kekuatan baru untuk mendukung ketahanan ekonomi nasional dan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Bahtiar, Sulbar memiliki potensi ekonomi dan keuangan syariah yang cukup besar, baik dari sisi jumlah penduduk, populasi penganut agama Islam, pondok pesantren, dan sektor lainnya. Oleh karena itu, Dia berkomitmen bersinergi dalam mengembangkan ekonomi syariah di Sulbar. 

"Dengan pengukuhan KDEKS Sulbar ini kita harapkan mampu memberikan masukan dan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah daerah provinsi dan kabupaten, dalam mendukung pengembangan industri produk halal, industri keuangan syariah dan dana sosial syariah,serta kegiatan dan usaha syariah di Sulbar," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini