Sukses

Mendagri Lantik 5 Penjabat Gubernur, Bahtiar Baharuddin Jabat Pj Gubernur Sulbar

Bahtiar Baharuddin sebelumnya menjabat sebagai Pj Gubernur Sulsel kini diamanahkan untuk menjabat sebagai Pj Gubernur Sulbar

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan Keputusan Presiden No. 60/P Tahun 2024 tanggal 16 Mei 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Gubernur , Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan pelantikan terhadap sejumlah penjabat gubernur, di Ruang Sasana Bakti Kemendagri, Jumat 17 Mei 2024. 

Pejabat yang dilantik, Samsuddin Abd Kadir sebagai Pj Gubernur Maluku Utara, Al Muktabar (PJ Gubernur Banten), Bahtiar Baharuddin (Pj Gubernur Sulbar), Moh Rudi Salahuddin (Pj Gubernur Gorontalo) dan Zudan Arif Fakrulloh (Pj Gubernur Sulsel)

Turut hadir sejumlah pejabat Pemprov Sulbar dan Forkopimda Sulbar serta DPRD Sulbar, dan tokoh masyarakat asal Sulbar menyaksikan berlangsungnya pelantikan. 

Mendagri Tito menyampaikan, pelantikan Pj Gubernur di lima daerah bertujuan untuk mengisi kekosongan. Selain itu dipilihnya sejumlah penjabat gubernur ini didasari atas usulan-usulan atau penjaringan, baik dari DPRD, Bupati dan Walikota, dan Pemerintah pusat. 

Terkait masa jabatan Pj Gubernur, akan berakhir hingga selesainya masa pilkada. 

"Kemungkinan besar sampai bulan Januari 2025, Tetapi kalau terjadi sidang perselisihan di MK bisa saja terjadi lebih panjang," kata Tito. 

Khusus kepada Pj Gubernur Sulbar dan Pj Gubernur Sulsel (Bahtiar dan Zudan) dalam menjalankan fungsi pembinaan pemerintahan di daerah diharapkan mendapat banyak pengalaman. 

"Semakin banyak pengalaman di daerah akan makin memahami daerah daerah sehingga dapat membuat kebijakan tepat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini