Sukses

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Sulbar Beri Pengalaman Kerja 179 Peserta Magang

Program pemagangan ini tidak hanya memperkuat keterampilan para peserta, namun meningkatkan kesempatan dalam dunia kerja

Liputan6.com, Mamuju - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sulbar menggelar kick off program pemagangan 2024 di Mall Maleo Town Square (Matos) yang diikuti sebanyak 179 peserta. Semua peserta akan ditempatkan di 26 perusahaan yang tersebar di lima (5) kabupaten se Sulbar.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengungkapkan, dirinya sangat bangga terhadap peserta yang terpilih dalam program pemagangan itu. Menurutnya, pemagangan ini bukan hanya sekadar pelatihan biasa saja.

"Ini bukan hanya kesempatan untuk belajar, tetapi juga kesempatan untuk dipekerjakan apabila anda (peserta pemagangan) menunjukkan kinerja yang memuaskan selama magang. Karena peserta akan dipersiapkan langsung menghadapi dunia kerja yang kompetitif," kata Muhammad Idris, Senin (29/04/24).

Idris berharap, program pemagangan ini tidak hanya memperkuat keterampilan para peserta. Namun, meningkatkan kesempatan dalam dunia kerja, baik sebagai karyawan, maupun sebagai pengusaha yang berbekal pengalaman dan keahlian baru.

"Program pemagangan tahunan ini menjanjikan peluang besar bagi para peserta. Semoga mereka bisa memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan oleh pemerintah. Kesempatan ini dapat menunjang masa depan yang lebih baik," ujar Idris.

Sedangkan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulbar, Andi Farid Amri menjelaskan, peserta magang akan menjalani pemagangan selama lima bulan dan akan menerima gaji sebesar satu juta rupiah per bulan. Selain itu, juga akan tercover asuransi ketenagakerjaan.

"Ini bukan hanya pengembangan keahlian tetapi juga bisa jadi menjadi sebagai sarana rekrutmen, bagi perusahaan. Program ini telah menunjukkan hasil yang positif dengan tingkat penyerapan pekerja yang menjadi pekerja tetap mencapai 60 persen pada tahun 2023. Untuk tahun 2024, target penyerapan diharapkan meningkat menjadi antara 70 sampai 80 persen," tutur Farid Amri.

Farid Amri berharap, dengan dukungan penuh dari perusahaan-perusahaan setempat, akan ada peningkatan kuota dari Kementerian Ketenagakerjaan. Pemagangan Sulbar 2024 diharapkan dapat membuka lebih banyak lagi peluang bagi pemuda di Sulbar untuk berkembang dan berhasil dalam karir.

"Karena ini adalah kegiatan tahunan, kami berharap, tahun depan dari Kementerian Ketenagakerjaan bisa menambah jumlah dari kuota tahun ini. Mudah-mudahan bisa lebih besar lagi," tutup Farid Amri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.