Sukses

Cerita Penyapu Koin di Jembatan Sewo Indramayu Bikin Dedi Mulyadi Ngeri

Berbekal sapu lidi, warga berdiri di sepanjang jalan untuk berebut uang yang dilempar para pengendara yang melintas

Liputan6.com, Indramayu Pada momen libur lebaran kali ini Kang Dedi Mulyadi (KDM) berkeliling ke kawasan Pantura Jawa Barat tepatnya ke Kabupaten Indramayu. 

Di sini ia melihat langsung warga bertaruh nyawa demi mengumpulkan uang koin atau recehan di Jembatan Sewo Indramayu.

Tradisi ini bisa ditemukan di sepanjang Pantura Indramayu mulai dari Kecamatan Kandanghaur hingga Kecamatan Sukra. Berbekal sapu lidi, warga berdiri di sepanjang jalan untuk berebut uang yang dilempar para pengendara yang melintas.

KDM yang melintas turut melempar sejumlah koin yang langsung jadi rebutan warga. Bahkan beberapa warga terus mengejar mobil KDM yang tidak henti melempar koin ke arah pinggir jalan.

Tak lama KDM pun keluar dari mobil dan berbincang dengan sejumlah penyapu koin tersebut. Ternyata mereka sehari-hari memiliki pekerjaan sebagai buruh tani. 

“Karena belum mulai pekerjaan di sawahnya jadi terpaksa ke sini, mumpung hari lebaran juga. Musiman saja, setahun sekali,” ucap salah seorang penyapu koin.

Menurutnya pendapatan dari berburu koin dalam satu hari bisa mencapai Rp 50-100 ribu per orang. Namun jumlah tersebut sangat sedikit dibanding dengan lebaran tahun-tahun lalu.

Penyebabnya, kata dia, semakin banyak orang yang menjadi penyapu koin bahkan dari luar daerah pun turut datang mencari peruntungan. Tak hanya itu kini Pantura tak seramai dulu karena sudah ada Tol Cipali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Versi

Di tempat lainnya KDM bertemu dengan penyapu jalanan bernama Raniti. Ia memintanya untuk naik ke mobil menceritakan pengalamannya selama menjadi penyapu koin.

“Kalau yang kecelakaan sih sering, setiap tahun banyak. Kalau saya selalu hati-hati, kalau terlalu tengah uangnya saya biarkan takut ketabrak, mungkin bukan rezeki saya,” ujar ibu yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani itu.

“Kemarin kan sempat ditertibkan sampai dikejar-kejar, diambil sapu-sapunya. Sekarang selama lebaran belum ada penertiban lagi,” katanya.

Sebelum turun dari mobil KDM meminta Raniti untuk melemparkan uang koin yang ia dapat sebelumnya kepada para penyapu. Uang tersebut pun kemudian diganti dengan jumlah yang lebih besar.

Sementara itu KDM menilai tradisi yang bermula dari tolak bala itu sangat membahayakan. Namun hal tersebut telah menjadi kebiasaan sehingga meski berulang kali ditertibkan terus muncul.

“Ini tradisi yang mengertikan juga. Tapi sekarang agak mending karena ada tol jadi relatif kendaraan lebih landai tidak seperti dulu lagi,” ujar KDM.

Hingga kini ada dua versi yang diungkapkan para penyapu koin terkait asal tradisi tersebut. Versi pertama menyebutkan legenda melempar koin di Jembatan Sewo untuk menghindari hal buruk. 

Konon jembatan tersebut menyimpan kisah mistis kembar Saedah dan Saini yang menjelma menjadi buaya putih dan pohon bambu.

Versi kedua adalah kecelakaan bus di sekitar lokasi yang menewaskan puluhan transmigran asal Boyolali yang akan berangkat ke Sumatera Barat pada tahun 1974 silam. 

Para korban tewas dimakamkan di sekitar lokasi dan masih sering dikunjungi oleh keluarganya. Setiap keluarga berziarah memiliki kebiasaan melemparkan koin di Pantura yang menjadi lokasi kecelakaan. 

Tujuan mereka sebagai tolak bala. Dari situlah setiap tahun muncul warga yang berebut koin dengan membawa sapu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini