Sukses

Kapan Malam Lailatul Qadar 2024 Terjadi? Berikut Perkiraan Waktunya

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Pasalnya malam Lailatul Qadar dikenal sebagai malam yang mulia daripada seribu bulan.

Liputan6.com, Bandung - Malam Lailatul Qadar merupakan salah satu malam yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Pasalnya malam Lailatul Qadar dikenal sebagai malam yang lebih utama dan mulia daripada seribu bulan.

Berdasarkan informasi dari Nu Online tidak ada kepastian terkait kapan datangnya malam Lailatul Qadar. Namun malam ini selalu ada pada bulan Ramadan seperti yang diriwayatkan Abu Dawud dalam haditsnya.

Lailatul Qadar ada pada setiap bulan Ramadan” (HR Abu Dawud).

Kemudian menurut hadits lainnya Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan tentang malam Lailatul Qadar. Diketahui malam tersebut terjadi pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadan” (HR Bukhari).

Menurut pendapat lainnya disebutkan jika malam Lailatul Qadar terjadi pada 17 Ramadan, 21 Ramadan, 24 Ramadan, atau tanggal ganjil pada 10 akhir Ramadan. Tidak adanya tanggal yang pasti tentang malam Lailatul Qadar menjadikan hal tersebut justru bermakna.

Pasalnya umat muslim bisa termotivasi untuk terus melaksanakan ibadah dan mencari rahmat serta ridha allah kapan saja dan di mana saja tanpa terpaku pada satu hari atau satu tanggal saja.

Umat muslim bisa mencari malam Lailatul Qadar dengan mengikuti tanda-tanda kehadirannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lantas Kapan Malam Lailatul Qadar 2024?

Seperti dijelaskan sebelumnya malam Lailatul Qadar tidak mempunyai tanggal atau kapan persisnya terjadi. Namun waktu kedatangannya diyakini terjadi pada sepuluh malam terakhir di malam-malam ganjil bulan Ramadan.

Kemudian disebutkan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyebutkan ada 45 pendapat terkait kapan waktu malam Lailatul Qadar. Menurut pendapat tersebut malam Lailatul Qadar terjadi di tanggal ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Melalui tanggal-tanggal ganjil tersebut yang paling potensial merupakan tanggal 21 dan 23 Ramadan. Sementara menurut sebagian besar ulama malam Lailatul Qadar terjadi pada tanggal 27 Ramadan.

Beberapa pendapat lain juga menyampaikan malam Lailatul Qadar tidak menentu dan dalam artian berpindah-pindah setiap tahunnya sehingga tidak berpatok pada satu tanggal. Namun berdasarkan pendapat ulama berikut ini prediksi malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan 2024:

  • Malam 21 Ramadan 2024: Minggu, 31 Maret 2024 | malam Senin, 1 April 2024.
  • Malam 23 Ramadan 2024: Selasa, 2 April 2024 | malam Rabu, 3 April 2024.
  • Malam 27 Ramadan 2024: Sabtu, 6 April 2024 | malam Minggu, 7 April 2024.
  • Malam 29 Ramadan 2024: Senin, 8 April 2024 | malam Selasa, 9 April 2024.
3 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar

Mengutip dari Nu Online keistimewaan Lailatul Qadar sampai membuat sahabat Rasulullah SAW mengidam-idamkan malam tersebut. Mereka juga pernah memberanikan diri bertanya tentang Lailatul Qadar dan Rasulullah SAW bersabda:

فقد سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن علاملت ليلة القدر فقال هي ليلة بلجة اي مشرقة نيرة لاحارة ولا باردة ولاسحاب فيها ولامطر ولاريح ولايرمى فيها بنجم ولاتطلع الشمس صبيحتها مشعشة

Artinya: “Rasulullah SAW pernah ditanya tentang tanda-tanda Lailatul Qadar, maka beliau bersabda: Yaitu malam yang terang dan bercahaya, udaranya tidak panas dan tidak dingin, tidak ada mendung tidak ada hujan, tidak ada gerak angin dan tidak ada bintang yang dilempar. Paginya matahari terbit dengan terang tapi tidak terlalu memancar”.

Berikut ini adalah singkatnya tanda-tanda tentang kehadiran Lailatul Qadar sebagaimana dari beberapa hadits:

1. Sebagaimana dari hadits riwayat Imam Muslim disebutkan pada hari tersebut matahari bersinar tidak terlalu panas dengan cuaca yang sangat sejuk 

2. Berdasarkan riwayat Imam Ahmad pada waktu malam hari langitnya terlihat nampak bersih dan tidak nampak awan sedikit pun, suasananya tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.

Ketika malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah malam. Misalnya dengan melakukan salat, membaca Al-Quran, beristighfar, berdzikir dan berdoa.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar tentunya mempunyai keutamaan yang sangat sayang bilamana dilewatkan oleh umat muslim. Pasalnya Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang lebih mulia daripada seribu bulan.

Lailatul Qadar merupakan malam diturunkannya Al-Quran dari Lauhul Mahfudz ke Baitul ‘Izzah (langit dunia).

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ 

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS Al-Qadr (97): 1-5).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini