Sukses

Catat, 6 Rekomendasi Tempat Makan Nikmat di Aceh

Aceh tidak hanya dikenal dengan wisatanya yang penuh sejarah dan kebudayaan tetapi juga mempunyai wisata kuliner yang nikmat.

Liputan6.com, Bandung - Aceh merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai keindahan alam mempesona. Kota ini memiliki pantai-pantai cantik hingga perbukitan hijau dengan panorama alam yang menakjubkan.

Selain terkenal dengan wisata alam yang indah kota ini juga mempunyai tempat-tempat bersejarah yang memberikan pengalaman mendalam terutama untuk lebih mengenal tentang budaya di Aceh.

Penduduk lokal Aceh juga dikenal sebagai orang yang ramah terutama untuk menyambut wisatawan. Beberapa warga lokal juga ada yang memperkenalkan lebih dalam tentang budaya dan tradisi di Aceh.

Saat ini, di Aceh, sudah ada banyak penginapan dan transportasi yang mudah untuk diakses sehingga wisatawan bisa menikmati liburan dengan nyaman tanpa perlu khawatir akan banyak hal.

Aceh juga tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya tetapi juga dengan wisata  kuliner. Pasalnya kuliner di kota ini menawarkan banyak hidangan nikmat yang menggugah selera para wisatawan.

Tentunya wisata kuliner ini menjadi destinasi favorit yang tidak boleh tertinggal bagi pecinta makanan. Salah satu menu makanan terkenal di Aceh adalah Mie Aceh, Dodol Aceh, dan masih banyak lagi.

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah 6 rekomendasi tempat makan di Aceh yang dikenal nikmat dan legendaris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Tempat Makan Nikmat di Aceh

1. Mie Razali

Mie Razali adalah destinasi kuliner pertama yang wajib untuk dicicipi ketika berkunjung ke Aceh. Tempat makan dikenal legendaris karena sudah ada sejak 1967 dengan rasa nikmat dengan bumbu rahasia khasnya.

Tentunya menu yang paling populer di tempat ini adalah mie dengan isian daging yang bervariasi. Melansir dari ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.3 dari total 4.833 ulasan pengguna.

Mie Razali berlokasi di Jl. T. Panglima Polem No.81 82Peunayong, Peunayong, Kusalam, Kota Banda Aceh, Aceh. Tempatnya buka setiap hari pukul 10.00 hingga 23.00 kecuali di hari Jumat buka pukul 02.00 WIB.

2. Canai Mamak

Canai Mamak Kuala Lumpur merupakan rumah makan populer yang didirikan oleh warga asli Aceh. Tempat makan ini dibuat setelah sang pemilik terinspirasi ketika bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia.

Menu makanan populer di tempat ini tentunya roti Canai dengan isian bervariasi mulai dari kari, cokelat, srikaya, dan keju. Mengutip dari ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.4 dari total 2.425 pengguna.

Lokasinya berada di Jl. Teuku Umar No.51, Seutui, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh dengan jam buka setiap hari pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Berikutnya

3. Rumah Makan Hasan

Rumah Makan Hasan merupakan tempat makan legendaris di Aceh yang sudah ada sejak 1989. Pengunjung bisa menikmati beragam variasi sajian kuliner khas Aceh yang menggugah selera.

Menu makanan yang paling terkenal di tempat ini adalah Ayam Tangkap, Sie Kameng, hingga Pliek’u. Berdasarkan informasi dari Google tempat makan ini mempunyai beberapa cabang di Aceh, berikut ini di antaranya:

  • Warung Nasi Hasan 3: Jl. Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Aceh dengan jam buka setiap hari pukul 11.30 hingga 21.00 WIB.
  • Warung Nasi Hasan 2: Jl. Dr. Mr. T. Muhammad Hasan, Batoh, Lampeuneurut Gampong, Kec. Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

4. Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen menyajikan menu makanan khas yaitu gulai bebek dengan bumbu kaya akan rempah. Tempat makan ini cocok dikunjungi para pecinta menu makanan bebek.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga terpantau pernah mencicipi tempat makan ini dan menjadikan tempat makannya populer di Aceh. Mengutip dari ulasan Google RM Bu Sie Itek Bireuen mempunyai rating 3.3 dari 1.161 pengguna.

Lokasinya ada di Geuceu Kayee Jato, Kec. Banda Raya Kota Banda Aceh, Aceh dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Sate Matang D’Wan

Sate masih menjadi menu makanan favorit banyak orang dan salah satu tempat makan sate populer di Aceh adalah Sate Matang D’Wan. Tempat makan ini terkenal dengan sajian sate dengan kuah kaldu yang gurih.

Berdasarkan informasi dari ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.5 dari total 1.331 ulasan pengguna. Lokasinya ada di Blang Cut, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh dengan jam buka setiap hari pukul 17.00 hingga 00.00 WIB.

6. Banda Seafood

Pengunjung yang menyukai menu makanan seafood bisa mengunjungi tempat makan populer Banda Seafood. Tempat makan ini terkenal dengan hidangan seafood segar dari perairan Simeulue.

Menu makanan yang paling populer di Banda Seafood merupakan menu olahan cumi dan kepitingnya. Melansir dari ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.2 dari total 1.447 ulasan pengguna.

Banda Seafood berlokasi di Jl. Tengku Angkasa, Kuta Alam, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.