Sukses

Kebocoran Gas di Salah Satu Pabrik PT IMIP, Puluhan Pekerja Sesak Napas

Kecelakaan kerja kembali terjadi di kawasan PT IMIP di Morowali. Pipa gas bocor di area salah satu perusahaan tenan di kawasan tersebut.

Liputan6.com, Morowali - Peristiwa itu terjadi pada Selasa malam (19/3/2024) sekitar pukul 23.00 Wita saat sedang dilakukan pengerjaan uji coba pengoperasian pabrik asam milik PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) di Morowali.

Kebocoran pipa gas acid atau asam terjadi di lantai 4 pabrik setelah pengerjaan dilakukan selama satu jam.

Akibat kecelakaan kerja itu 40 pekerja dari empat perusahaan yang berdekatan dengan lokasi kejadian mengalami sesak napas dan pusing diduga karena menghirip gas tersebut.

"Pekerja yang mengalami gangguan pernapasan dirawat di klinik PT IMIP namun kondisinya baik," Media Relation Head PT IMIP, Dedy Kurniawan menjelaskan, Rabu (20/3/2024).

Para pekerja telah dibolehkan pulang setelah dirawat selama 4 jam. Pascakejadian itu pengerjaan uji coba pabrik PT MTI pun dihentikan sementara. Lokasi kejadian telah ditutup untuk kepentingan investigasi.

PT IMIP selaku pengelola kawasan industri tersebut mengklaim bocoran gas yang terjadi tidak berdampak ke permukiman warga.

"Hasil pengujian kadar udara di Desa Labota tifak ditemukan kandungan So2. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir," Dedy memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.