Sukses

Bacaan Qunut Subuh, Arab Latin Arti hingga Keutamaannya

Membaca doa qunut dalam shalat diyakini membawa kebaikan bagi dunia dan masa depan, mendatangkan banyak keberkahan

Liputan6.com, Jakarta - Qunut Subuh adalah sebuah doa tambahan yang dibaca dalam sholat Subuh. Doa ini dilakukan pada rakaat kedua setelah ruku sebelum sujud.

Qunut Subuh memiliki kedudukan yang penting dalam ibadah umat Muslim. Berdoa di saat-saat khusus seperti ini adalah sarana untuk memohon kebaikan, keselamatan, dan petunjuk dari Allah SWT.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin menghadapi berbagai tantangan dan cobaan, dan dengan berdoa, kita meminta pertolongan serta bimbingan dari Yang Maha Kuasa.

Membaca doa qunut dalam shalat diyakini membawa kebaikan bagi dunia dan masa depan, mendatangkan banyak keberkahan dan menjauhkan kita dari segala marabahaya. Doa Qunut juga mempunyai manfaat yang luar biasa jika didaraskan secara rutin di bulan Ramadhan saat Allah Ta'ala membukakan pintu kebaikan dan ampunan.

Hadist riwayat Al Baihaqi, dari Anas bin Malik menjelaskan keutamaan membaca doa qunut Subuh, yang berbunyi:

“Rasulullah SAW membaca doa qunut selama sebulan mendoakan keburukan untuk mereka. Kemudian meninggalkannya. Sedangkan, pada sholat Subuh, beliau tetap membaca doa qunut hingga meninggal dunia.”

Berikut adalah doa Qunut Subuh beserta teks Arab, Latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَى الْخَيْرِ كُلِّهِ نَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latin dan Terjemahan

Latin: Allahumma innā nastā‘īnuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu 'alaika wa nuthnī ‘ala khairi kullihi, nashkuruka walā nakfuruka wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruka. Allahumma iyyāka na’budu wa laka nusallī wa nasjudu wa ilayka nas‘ā wa nahfidu narju rahmataka wa nakhshā ‘adhābaka, inna ‘adhābaka bil kuffāri mulhiq.

Artinya: Ya Allah, kami memohon pertolongan dan ampunan-Mu, dan kami beriman kepada-Mu serta bertawakal kepada-Mu. Kami bersyukur atas segala kebaikan yang Engkau berikan kepada kami dan kami tidak mengingkari-Mu. Kami berlepas diri dari orang yang menyombongkan diri dan durhaka kepada-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami menyembah, hanya kepadaMu kami beribadah, hanya kepada-Mu kami sujud, hanya kepada-Mu kami berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Kami berharap rahmat dan kasih sayang-Mu, dan kami takut akan siksa-Mu. Sesungguhnya siksa-Mu bagi orang-orang kafir itu sangat pedih.

Penulis: Belvana Fasya Saad

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini