Sukses

Simak, Manfaat Timun Suri Buah yang Cocok untuk Buka Puasa

Timun suri merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Buah ini sering digunakan sebagai sajian buka puasa yang segar.

Liputan6.com, Bandung - Pada bulan Ramadan umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa sepanjang hari. Ketika berbuka puasa umat Muslim juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tepat dan sehat agar tubuh tetap terjaga.

Salah satunya dengan berbuka puasa makanan sehat seperti mengonsumsi buah-buahan segar. Buah-buahan biasanya mengandung banyak air dan elektrolit yang bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Terutama ketika berpuasa di waktu yang panas seseorang akan kehilangan cairan dan elektrolit yang menyebabkan seseorang bisa dehidrasi. Mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air sangat disarankan ketika berpuasa.

Karena buah-buahan berair bisa mengatasi dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Buah-buahan juga kaya akan serat yang penting untuk sistem pencernaan yang lebih sehat.

Buah-buahan juga banyak mengandung banyak nutrisi lainnya mulai dari vitamin, mineral, dan antioksidan. Sehingga tubuh akan mendapatkan nutrisi yang baik dan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh seseorang.

Salah satu jenis buah yang populer dikonsumsi ketika bulan Ramadan adalah buah Timun Suri. Timun suri merupakan jenis buah yang masuk dalam suku labu-labuan atau cucurbitaceae.

Bentuk timun suri biasanya terlihat lonjong hingga elips dan sering ditemukan dalam sajian minuman ketika bulan Ramadan. Buah ini sering dijadikan sebagai menu minuman segar yang disajikan untuk buka puasa.

Timun Suri mempunyai banyak manfaat, baik untuk tubuh seseorang terutama untuk kesehatan. Melansir dari Umsu berikut ini adalah rangkuman manfaat dari timun suri bagi kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

1. Melepaskan dahaga

Timun suri mempunyai kandungan air yang melimpah dan membuat seseorang yang mengonsumsinya mendapatkan efek sejuk terutama pada tenggorokannya. Sehingga tidak mengherankan timun suri menjadi sajian segar yang cocok untuk buka puasa.

Mengonsumsi timun suri akan membantu melepaskan dahaga pada tenggorokan yang terasa kering setelah seharian menahan haus. Kandungan dalam timun suri juga menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

2. Mencegah Penyakit Alzheimer atau Fungsi Otak

Timun Suri memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid di dalamnya. Sehingga timun suri bisa berperan dalam mencegah kerusakan oksidatif pada otak dan mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

3. Terlindungi dari Risiko Anemia

Kandungan zat besi yang ada dalam timun suri memiliki peran penting untuk pembentukan hemoglobin. Sehingga, seseorang yang rutin mengonsumsi timun suri tidak hanya merasakan rasa segar tetapi juga terlindungi dari risiko anemia dan menjaga kadar hemoglobin tetap seimbang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

4. Memperlancar sistem pencernaan

Timun suri mengandung serat tinggi yang berfungsi dalam membantu proses pencernaan yang sehat. Serat tersebut bisa mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, hingga memberikan rasa puas kenyang yang lebih lama.

5. Baik untuk ginjal

Mengonsumsi timun suri tidak hanya memberikan rasa segar yang menggugah selera tetapi juga bisa membantu menjaga organ ginjal agar tetap berfungsi dengan baik. Pasalnya, timun suri dapat membantu membersihkan racun dengan sifat diuretik alaminya.

6. Membantu melancarkan proses detoksifikasi

Timun suri mempunyai peran penting untuk membantu tubuh dalam melakukan proses detoksifikasi. Hal tersebut karena kandungan air yang melimpah dalam timun suri sehingga membantu membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya dan menjaga keberlangsungan fungsi organ-organ vital lainnya.

4 dari 4 halaman

Resep Simpel Es Timun Suri

Pada bulan puasa timun suri biasanya diolah menjadi takjil atau menu pemanis untuk buka puasa. Biasanya timun suri dibuat menjadi es campur atau es buah yang manis, segar, dan menggugah selera.

Melansir dari beberapa sumber terdapat resep membuat es timun suri sederhana dengan toping tambahan agar-agar. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat es timun suri sederhana:

Bahan:

  • 1 buah timun suri
  • 1 bungkus agar-agar instan
  • Es batu secukupnya
  • 2 saset susu kental manis

Cara Membuat Es Timun Suri:

1. Langkah pertama buah topping agar-agar terlebih dahulu dengan menggunakan 1 bungkus agar-agar instan.

2. Biasanya 1 bungkus agar-agar instan membutuhkan air sekitar 800 ml dan beri gula sekitar 5 sdm.

3. Didihkan agar-agar dan setelah mendidih biarkan agar-agar sedikit dingin seperti suhu ruangan.

4. Jika sudah masukkan agar-agar ke kulkas agar agar-agar sedikit membeku.

5. Selanjutnya agar-agar bisa di iris dadu kecil sebagai topping tambahan.

6. Lanjutkan dengan mengerok timun suri menggunakan sendok.

7. Siapkan wadah besar dengan menambahkan es batu, air, susu kental manis, dan timun suri secukupnya sesuai selera.

8. Es timun suri sederhana sudah bisa dinikmati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini