Sukses

PKB Pecah Telur, Caleg DPR RI Ashari Tambunan Melenggang ke Senayan dari Dapil Sumut 1

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk pertama kali mendudukan kadernya, Ashari Tambunan, Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut) 1 ke Senayan.

Liputan6.com, Deli Serdang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk pertama kali mendudukan kadernya, Ashari Tambunan, Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut) 1 ke Senayan.

Capaian ini merupakan rekor, karena sebelum-sebelumnya PKB belum pernah berhasil mendudukkan Caleg DPR RI dari Dapil Sumut 1, dan baru Ashari Tambunan yang berhasil.

Tim Sukses (Timses) Ashari Tambunan, Julyadi Pulungan mengatakan, untuk pertama kalinya ada Caleg DPR RI dari partai PKB Dapil Sumut 1 yang berhasil duduk menjadi perwakilan rakyat.

Tentunya, ungkap Julyadi, bakal duduknya Ashari Tambunan di Senayan ibarat pecah telur. Ini juga menjadi catatan sejarah sejak Pemilihan Umum (Pemilu) berlangsung di Indonesia.

"Ya, ini pecah telur namanya. PKB belum pernah berhasil mendudukkan kadernya di Senanyan dari Dapil Sumut 1, baru Ayahanda Ashari Tambunan yang berhasil," ucapnya, Senin (11/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Rekapitulasi

Hasil rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Dapil Sumut 1, Ashari Tambunan memperoleh 134.230 suara, dengan rincian 86.809 suara diperoleh dari masyarakat Kabupaten Deli Serdang.

Kemudian, sebanyak 33.928 suara dari masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai, dan sebanyak 12.735 suara dari masyarakat Kota Medan. Sedangkan sisanya 758 dari masyarakat Kota Tebing Tinggi.

"Secara keseluruhan, suara PKB di Dapil Sumut 1 sekitar 199.621 suara. Ini memantapkan posisi PKB Dapil Sumut 1 untuk mendudukkan Ashari Tambunan di urutan ke-6," Julyadi menerangkan.

Menurut Julyadi, besarnya angka yang diperoleh Ashari Tambunan karena rasa cinta masyarakat akan sosok pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Deli Serdang 2 periode.

"Ini menandakan masih cintanya masyarakat, khususnya masyarakat Deli Serdang kepada sosok Ashari Tambunan," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Berkat Doa dan Dukungan

Julyadi Pulungan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah memilih Ashari Tambunan di Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024.

"Semua ini berkat doa dan dukungan masyarakat. Terima kasih atas pilihan dan dukungannya. Kami apresiasi kepada penyelenggara Pemilu, KPU, Bawaslu, TNI, dan Polri. Sehingga Pemilu berjalan aman, lancar, dan kondusif," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Perolehan Kursi

Pada Pemilu 2024, diprediksi PDI Perjuangan, Golkar dan Gerindra masing-masing akan memperoleh 2 kursi. Sementara 4 kursi lainnya diperoleh PKS, Nasdem, PKB, dan Demokrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini