Sukses

Profil dan Perjalanan Karier Rigen Rakelna, Komika Asal Bima NTT

Soal kehidupan pribadinya, Rigen berhasil melamar seorang wanita bernama Indah Ningtyas sebagai kekasihnya pada tahun 2019

Liputan6.com, Jakarta - Pemenang Stand Up Comedy Academy season 5, Rigen diketahui berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat. Ia lahir di Kota Surabaya, Jawa Timur pada 19 November 1991.

Dirangkum dari berbagai sumber, nama asli Rigen Rakelna adalah Muhammad Rizki Rakelna. Nama Rigen sendiri didapatkannya dari tetangganya di Bima.

Lewat podcast YouTube HAS Creative, Komika Rigen mengungkapkan bahwa nama tersebut adalah pemberian dari tetangganya karena saat itu ada banyak yang memiliki nama serupa dengannya.

Masa kecil Rigen banyak dilalui di Kota Jakarta hingga tamat sekolah dasar. Setelah itu, ia dan keluarga pindah ke kampung halamannya di Bima, dan melanjutkan pendidikannya di sana hingga SMA.

Rigen kembali ke Jakarta untuk melanjutkan studi di Institut Teknologi PLN. Tekad dan kegigihannya membawanya sampai pada posisinya saat ini.

Soal kehidupan pribadinya, Rigen berhasil melamar seorang wanita bernama Indah Ningtyas pada tahun 2019. Sang istri Rakelna, berusia 6 tahun lebih muda dari suaminya.

Rigen Rakelna dan istrinya dikaruniai dua orang anak, bernama M. Gharvi Aldevaro Rakelna (laki-laki) dan Essilie Nimpuna Rakelna (perempuan).

Rigen pertama kali tertarik dengan dunia stand-up comedy pada tahun 2012. Ketika itu, seorang teman pesantren mendaftarkan Rigen untuk mengikuti kompetisi stand-up comedy di kampus.

Rigen, yang saat itu belum tahu banyak tentang lelucon individu, berusaha mati-matian untuk tampil dan hasilnya kering.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Film Pendek

Penasaran setelah penayangan perdananya, Rigen mulai tertarik dengan stand-up comedy dan bergabung dengan komunitas Stand Up Indo di Jakarta Barat pada tahun yang sama.

Selain mendapat kesempatan berlatih, Rigen juga mendapat teman baru dan mulai mengikuti open mic di Jabodetabek bersama teman-teman komunitasnya. Hingga tahun 2014, Rigen bersama beberapa teman komunitasnya mengikuti Street Comedy IV di Senayan, namun hanya menjadi semi finalis.

Rigen yang juga mengikuti audisi ini di season kedua yaitu season keempat, jauh-jauh datang dari Jakarta hingga Surabaya bersama kedua temannya, Afif Syaf dan Erwin, untuk mengikuti audisi ini, meski audisinya juga dibuka nanti di musim kedua, Jakarta.

Alhasil, Rigen dan Afif berhasil lolos ke babak selanjutnya. Kiprah Rigen terus berlanjut hingga berhasil lolos ke 16 finalis.

Saat ini, Rigen tergabung dalam grup lawak GJLS, bersama Ananta Rispo dan Hifdzi Khoir. Bersama grupnya, ia memulai kariernya lewat film pendek bertajuk Kuyup yang ditayangkan di kanal YouTube GJLS Entertainment pada tahun 2020.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.