Sukses

Mantan Suami Dina Lorenza Terseret Dugaan Kasus Penembakan, Berikut Profilnya

Mantan suami artis senior Dina Lorenza dan Cut Keke saat ini menjadi sorotan publik karena terseret dugaan kasus penembakan.

Liputan6.com, Bandung - Mantan suami Dina Lorenza dan Cut Keke yaitu Gathan Saleh Hilabi (GS) diduga terseret dalam kasus penembakan. Kasus penembakan tersebut terjadi di daerah Jatinegara, Jakarta Timur, pada Kamis (8/2/2024) lalu.

Melansir dari Antara awal kejadian bermula ketika Mohammad Andika Mowardi (32) mengaku bahwa dirinya nyaris terkena peluru pada Kamis (8/2/2024) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Saat itu, Andika menceritakan bahwa ia tengah berjalan kaki seorang diri usai membeli makanan. Kemudian, ia berpapasan dengan pelaku di sekitar area parkir perkantoran dan menuturkan bahwa pelaku dan Andika tidak memiliki masalah.

Namun, tiba-tiba pelaku datang dan menghampiri Andika sambil mengeluarkan senjata api. Andika yang panik dan ketakutan langsung menyelamatkan diri dan naik ke area lantai dua melalui tangga dan menutup pintu kantor.

Sebelumnya, Andika dan pelaku sempat mengalami aksi saling dorong karena pelaku berupaya mendobrak pintu besi kantor hingga rusak. Namun, Andika berhasil menggembok pintu dan langsung menaiki lantai dua.

“Pintu ditendang sampai rusak, tapi berhasil saya gembok. Setelahnya saya langsung naik ke lantai dua. Saya keluar jendela, saya tanya ada masalah apa sampai begini,” ucapnya.

Sementara itu, Andika dan pelaku disebutkan saling mengenal satu sama lain, tetapi ia tidak mengetahui secara pasti masalah yang membuat pelaku melakukan tindakan tersebut. Andika juga menyebutkan bahwa pelaku meletuskan tembakan sekitar tiga kali.

“Kita berteman, keluarganya juga dekat. Tapi, saya enggak menyangka melakukan hal tersebut. Dari luar jendela itu saya tanya ada apa. Tapi dia malah menembak. Dia tiga kali menembak. Pertama ke bawah, ke arah kaki karena mungkin enggak sengaja. Dua tembakan ke arah saya,” kata Andika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Melarikan Diri

Setelah kejadian sekitar pukul 03.00 WIB Andika langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Jakarta Timur. Pihak kepolisian juga telah menerima laporan yang tercatat dengan nomor SLTP/B/416/II/2024/POLRES METRO JAKTIM/POLDA METRO JAYA.

Berdasarkan laporan tersebut pelaku disangkakan melakukan tindakan pidana yang diatur dalam Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan Pasal 53 KUHP tentang Percobaan Tindak Pidana.

Dan atau dikenai Pasal 1 ayat 1 dari UU Darurat No. 12 tahun 1951 tentang barang siapa yang tanpa hak memasukkan, memiliki dan menggunakan senjata api atau bahan peledak. Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly menuturkan jika pelaku masih melarikan diri.

“Pelaku penembakan masih melarikan diri. Sudah dipanggil sampai dua kali, tapi tidak hadir dengan alasan yang tidak sah,” ucapnya.

3 dari 4 halaman

Polisi Melakukan Pencarian

Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly menjelaskan bahwa pihak kepolisian akan melakukan penangkapan paksa secara hukum. Namun ia dan jajarannya masih melakukan pencarian terkait keberadaan dari terduga pelaku.

“Untuk itu penyelidikan akan melakukan langkah hukum selanjutnya terhadap dugaan pelaku. Namun, terkendala dengan keberadaan dugaan pelaku yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya,” ucap Nicolas.

Sementara itu, kepolisian menuturkan jika aksi nekat pelaku diawali dengan cekcok adu mulut. Pelaku dan korban saling mengenal dan berteman diketahui ketika perang mulut pelaku mengeluarkan senjata.

“Iya benar karena cekcok, mereka kan berteman terus mereka berantem, perang mulut gitu. Sudahlah emosi, keluarkan senjata,” ucapnya mengutip dari Antara.

Sebagai informasi aksi mengerikan tersebut sempat terekam oleh kamera CCTV dan videonya sempat viral di media sosial. Pelaku diduga menembak sebanyak tiga kali.

4 dari 4 halaman

Profil Gathan Saleh

Melansir dari Liputan6 Gathan Saleh dikenal sebagai mantan suami dari dua artis senior Indonesia yaitu Dina Lorenza dan Cut Keke. Diketahui Gathan menikah dengan Cut Keke pada November 2001.

Namun pernikahan tersebut tidak berlangsung lama, dan keduanya memutuskan untuk berpisah pada tahun 2005. Pada 2008,Gathan menikahi artis Dina Lorenza dan pernikahannya berlangsung selama sepuluh tahun.

Gathan dan Dina Lorenza memutuskan bercerai di tahun 2018 dan melalui pernikahan tersebut keduanya telah dikaruniai seorang putri. Selain dikenal sebagai mantan suami dari artis senior, Gathan juga sempat terlibat sejumlah kontroversi.

Salah satunya, Gathan sempat terjerat kasus penganiayaan asisten Nathalie Holscher pada tahun 2019. Akibat kejadian tersebut, Gathan menjadi tersangka kasus penganiayaan, tetapi kasus tersebut berakhir dengan cara damai.

Gathan juga terlibat kasus dugaan penipuan terkait perdagangan senjata api dan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal. Masalah tersebut berawal ketika Abdul Hakim melaporkannya karena tidak menerima dokumen izin kepemilikan senjata api.

Abdul Hakim menyebutkan bahwa dirinya telah membayar lebih dari Rp50 juta kepada Gathan Saleh. Namun, Gathan menegaskan jika ia tidak terlibat dengan transaksi ilegal penjualan senjata api dan hanya terlibat terkait pengiriman TKI ke luar negeri.

Tidak sampai di situ, pada tahun 2021 Gathan sempat terseret kasus narkoba dan Polres Purwakarta mengeluarkan pernyataan jika Gathan bersama seorang individu berinisial F telah diamankan di sebuah vila di Purwakarta atas dugaan terlibat dalam penyelundupan narkoba jenis ganja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini