Sukses

Cetakan Awal Novel Harry Potter Karya JK Rowling Dijual Rp220 Juta

Buku edisi pertama itu awalnya hanya seharga 40 poundsterling atau 793 ribu rupiah (kurs saat ini) pada 1997.

Liputan6.com, Yogyakarta - Versi awal buku Harry Potter pertama karya JK Rowling laku dijual seharga 11.000 poundsterling atau setara dengan hampir 220 juta rupiah. Buku debut Harry Potter and the Philosopher’s Stone itu ditemukan di Sekolah Dasar St Kenelm di Minster Lovell, Witney, Oxfordshire pada musim panas lalu.

Buku edisi pertama itu awalnya hanya seharga 40 poundsterling atau 793 ribu rupiah (kurs saat ini) pada 1997. Buku itu merupakan salah satu dari 200 buku yang dicetak oleh Bloomsbury sebelum buku tersebut menjadi populer.

Setelah ditemukan, buku itu pun dilelang di Hansons Auctioneers pada 5 September tahun lalu. Saat itu, tawaran terbesarnya adalah 13.000 poundsterling atau hampir Rp260 juta.

Namun, juru lelang Inggris Hanson mengungkapkan bahwa salinan edisi pertama dijual kepada pembeli swasta asal Inggris dengan harga palu resmi 11,000 poundsterling dan total 14,432 poundsterling termasuk premi penjualan.

Jim Spencer, kepala buku di rumah lelang tersebut mengatakan, bahwa salinan di dalam halaman judul secara keliru menyebutkan nama penulis sebagai “JA Rowling” dan bukan JK Rowling.

“Buku ini sangat pantas untuk dikerjakan dengan baik. Salinan bukti ini adalah tempat dimulainya fenomena Harry Potter. Ini adalah cetakan pertama novel Harry Potter yang pertama,” kata Jim Spencer dikutip dari Independent, Senin (27/2/2023).

Selanjutnya, mantan kepala sekolah St Kenelm Bob Alder menjelaskan bagaimana buku itu bisa dilelang, awalnya di sekolah itu ia menemukan kembali salinan pertamanya, lalu ia pun mengatakan pada penerbit untuk menjualnya agar memberikan kesan sebuah awal dari fenomena besar buku karya JK Rowling.

Alder mengatakan sekolah tersebut memutuskan untuk melelang buku itu dalam upaya untuk lebih mengembangkan kecintaan siswa terhadap sastra melalui peralatan yang diperbarui dari hasil lelang.

Pada bulan Juli 2023, sebuah buku Harry Potter usang yang dibeli hanya dengan 30p dijual seharga £10.500, itu ternyata merupakan edisi pertama yang sangat langka.

Salinan Harry Potter pertama diambil setelah perpustakaan Wolverhampton menariknya dari penggunaan, dan terungkap bahwa salinan tersebut adalah satu dari hanya 500 yang diterbitkan oleh Bloomsbury pada 1997 dan satu dari hanya 300 yang dikirim ke perpustakaan di seluruh Inggris.

Harry Potter adalah salah satu waralaba paling sukses sepanjang masa, diperkirakan telah mengumpulkan total £19,7 juta poundsterling atau setara dengan 390 triliun rupiah.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini