Sukses

Bankir Legendaris Jacob Rothschild Meninggal Dunia, Berikut Profilnya

Bankir legendaris Jacob Rothschild dikabarkan meninggal dunia pada Senin (26/2/2024).

Liputan6.com, Bandung - Bankir legendaris Jacob Rothschild dikabarkan meninggal dunia pada usia 87 tahun pada Senin (26/2/2024). Melansir dari People, kabar duka tersebut dibagikan oleh Rothschild Foundation dalam sebuah unggahan di media sosial X (sebelumnya Twitter).

Rothschild Foundation dan Waddesdon Manor sangat sedih mengumumkan meninggalnya Lord Rothschild, pengusaha dan pemimpin budaya,” tulis Rothschild Foundation.

Sementara itu, pihak keluarga telah mengonfirmasi kabar duka tersebut melalui sebuah pernyataan kepada media Inggris. Pihak keluarga Rothschild akan melakukan pemakaman sesuai dengan adat Yahudi.

“Akan dimakamkan sesuai dengan adat Yahudi dalam sebuah upacara keluarga kecil dan akan ada peringatan di kemudian hari untuk merayakan hidupnya,” kata pihak keluarga.

Sebagai informasi, Jacob Rothschild merupakan sosok bankir legendaris yang terkenal di dunia. Ia merupakan pewaris generasi ketujuh dari dinasti perbankan terkenal di dunia yaitu Rothschild.

Selain dikenal sebagai tokoh ternama ia juga dikenal sebagai seorang dermawan terkemuka dari Inggris. Diketahui Jacob sering melakukan kegiatan amal khususnya di Israel dan pernah dianugerahi Order of Merit oleh Ratu Elizabeth II pada 2022.

Diketahui, Jacob mendapatkan perintah tersebut karena pengabdiannya dalam bidang seni, pembelajaran, sastra, hingga sains. Sementara itu, Jacob Rothschild tidak hanya menjadi tokoh terkemuka dalam dunia bankir, tetapi juga menjadi tokoh penting dalam komunitas Yahudi di Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Jacob Rothschild

Jacob Rothschild merupakan pewaris generasi ketujuh dari dinasti perbankan legendaris di dunia Rothschild. Diketahui Jacob lahir pada tanggal 29 April 1936 dan dilaporkan meninggal dunia pada 26 Februari 2024 pada usia 87 tahun.

Melansir dari beberapa sumber, Jacob memulai kariernya pada 1963 di bank keluarga yaitu NM Rothschild & Sons. Namun, Jacob memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut pada 1980 dan berfokus dengan Rothschild Investment Trust.

Sementara itu, bisnis cabang miliknya saat ini dikenal dengan nama RIT Capital Partners Plc. Perusahaan ini menjadi salah satu perwakilan investasi terbesar di Inggris dan memiliki aset bersih sekitar 3,5 miliar euro atau sekitar Rp59 triliun di akhir November 2023 lalu.

Jacob Rothschild tidak hanya dikenal sebagai seorang bankir legendaris tetapi juga dikenal sebagai tokoh dermawan di Inggris. Ia sering melakukan kegiatan amal seperti anggota keluarga lainnya di Israel.

Selain itu, Jacob juga merupakan ketua Yad Hanadiv sebuah yayasan keluarga yang memberikan gedung Knesset dan Mahkamah Agung kepada negara.

3 dari 4 halaman

Berasal dari Keluarga Bankir Legendaris di Dunia

Jacob Rothschild merupakan bagian dari keluarga bankir legendaris dunia yang dikenal dengan nama Keluarga Rothschild. Keluarga ini bahkan sering disebut sebagai keluarga yang mengendalikan hampir seluruh sistem perbankan di dunia.

Melansir dari beberapa sumber, sejarah keluarga Rothschild dimulai sejak keberhasilan perbankannya di tengah-tengah pergolakan Eropa pada awal 1800-an. Kala itu, anak-anak Mayer Amschel Rothschild meninggalkan Jerman untuk mengembangkan keberadaan keluarga di berbagai penjuru Eropa.

Keluarga ini disebut-sebut memiliki pandangan jauh ke depan ketika membangun bisnisnya yang tersebar di beberapa negara. Sehingga, meskipun telah berlangsung lebih dari ratusan tahun dengan berbagai peristiwa keluarga Rothschild masih eksis hingga saat ini.

4 dari 4 halaman

Kehidupan Pribadi Jacob Rothschild

Berasal dari keluarga konglomerat, Jacob Rothschild pernah menempuh pendidikan di Eton College dan Universitas Oxford. Jacob telah menikah dengan Serena Mary Dunn yang juga berasal dari keluarga tidak biasa.

Istrinya merupakan cucu dari pemodal Kanada Sir James Dunn dan dikenal sebagai pemilik kuda pacuan asli Inggris. Ia juga mengelola Waddesdon Stud di properti bangsawan yang terkenal.

Melalui pernikahannya Jacob telah dikaruniai empat anak bernama Hannah, Beth, Emily, dan Nat. Diketahui anaknya juga menjadi tokoh penting misalnya Hannah yang saat ini berusia 61 tahun telah menjadi dewan direksi perusahaan RIT.

Hannah juga membantu menjalankan perusahaan investasi swasta bernama Five Arrow Limited dan pernah menjabat sebagai ketua Galeri Nasional Inggris. Hannah juga turut serta membantu mengawasi badan amal keluarganya bersama Emily dan Beth.

Kemudian, putra Jacob bernama Nathaniel merupakan ketua dan pemegang saham utama pabrikan Inggris Volex Plc. Ia juga sebelumnya pernah menjabat sebagai direktur RIT sebelum jabatannya diisi oleh kakak perempuannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini