Sukses

Berlibur Bersama Anak, Berikut 6 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Jakarta

Menikmati hari libur bersama anak bisa memberikan kenangan berharga yang menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata keluarga yang ada di Jakarta.

Liputan6.com, Bandung - Liburan bersama keluarga khususnya bersama anak-anak menjadi momen yang berharga dalam kehidupan. Pasalnya, menghabiskan waktu bersenang-senang dengan keluarga bisa menjadi kenangan manis untuk diceritakan kembali pada suatu hari nanti.

Sementara itu, bagi masyarakat Jakarta yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa harus pergi ke luar kota bisa menikmati wisata menarik yang ada di Jakarta. Bahkan sejumlah tempat wisata di Jakarta ramah untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Melansir dari beberapa sumber di Jakarta terdapat tempat wisata yang memberikan kegiatan serta atraksi menyenangkan bersama anak-anak. Selain itu terdapat wisata budaya hingga wisata modern yang bisa menjadi pilihan.

Misalnya saja berwisata ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa menjadi destinasi wisata budaya yang memperkenalkan kepada anak-anak tentang keberagaman budaya yang ada di Indonesia.

Selain itu, TMII juga memiliki aktivitas menarik yang bisa dilakukan mulai dari mengelilingi taman dari seluruh nusantara, mengunjungi museum, hingga melihat pertunjukan tradisional yang sering ditampilkan di beberapa taman.

Kemudian di Jakarta terdapat sejumlah rekreasi menarik lainnya yang dirangkum dalam artikel ini. Berikut adalah 6 rekomendasi wisata di Jakarta yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Wisata Keluarga di Jakarta

1. Dufan

Dufan atau Dunia Fantasi merupakan tempat wisata legendaris dan populer yang masih menjadi destinasi favorit keluarga untuk membawa berlibur anaknya. Dufan memiliki sejumlah wahana menarik mulai dari Istana Boneka, Ice Age Arctic Adventure, dan lain-lain.

Harga tiket untuk berkunjung ke Dufan sekitar Rp225.000 pada weekday dan Rp350.000 pada weekend. Harga bisa berubah terutama di hari libur nasional atau terdapat sejumlah promo tertentu.

Lokasi Dufan ada di Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Buka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 18.00 WB dan di hari Weekend buka jam 10.00 hingga 20.00 WIB.

2. Sea World

Sea World merupakan tempat rekreasi yang bisa membawa pengunjung melihat berbagai jenis hewan laut. Tempat ini memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota perairan laut yang ditampilkan dalam berbagai akuarium.

Harga tiket untuk mengunjungi Sea World bisa berbeda-beda tergantung dari promo yang tersedia. Namun umumnya harga tiket masuk ke Sea World sekitar Rp 85.000 pada weekday dan Rp105.000 pada weekend.

Lokasinya sendiri ada di Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Buka setiap hari pada pukul 09.30 hingga 16.00 WIB di hari weekday dan 09.00 hingga 16.30 WIB pada hari weekend.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata Keluarga di Jakarta

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah taman hiburan yang menyajikan sejumlah taman dengan tema kebudayaan Indonesia. Memiliki area kurang lebih sekitar 147 hektar tempat ini memiliki konsep taman yang berbeda-beda.

Alamat TMII ada di Jl. Taman Mini Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah buka setiap hari pada pukul 05.00 hingga 20.00 WIB.

Harga tiket masuknya bisa bervariasi terutama pada hari libur dan jika mendapatkan promo tertentu. Melansir dari situs resminya harga tiket bisa berbeda terutama jika membawa kendaraan berikut rinciannya:

  • Tiket masuk orang: Rp 50.000 (belum termasuk tiket konser).
  • Tiket masuk mobil: Rp 35.000
  • Tiket masuk motor: Rp 15.000
  • Tiket masuk sepeda: Rp 10.000
  • Tiket masuk bus/truk: Rp 60.000
  • Tiket masuk Single entry (tiket masuk orang+sepeda): Rp 60.000

4. Kawasan Kota Tua

Kota Tua menjadi tempat bersejarah yang cocok dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Pasalnya tempat ini berada di tengah kota yang modern dan masih mempertahankan desain bangunan bersejarah masa kolonial.

Terdapat gedung dengan arsitektur Belanda yang megah serta museum yang menarik untuk dikunjungi. Alamatnya ada di Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, Piangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 22.00 WIB dan wisatawan yang ingin berjalan-jalan di Kawasan Kota Tua tidak perlu membayar tiket karena gratis. Namun, jika ingin mengunjungi museum atau fasilitas lain ada yang berbayar.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata Keluarga di Jakarta

5. Kidzania

Kidzania menjadi tempat rekreasi yang menyajikan konsep bermain sambil belajar yang cocok untuk anak-anak usia TK dan Sekolah Dasar. Tempat ini menyajikan sejumlah wahana edukasi yang seru dan menghibur bagi anak.

Lokasinya ada di Pacific Place Mall, Jl. Jenderal Sudirman No.Kav. 52-53, Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Ibu Kota Jakarta. Buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 19.00 WIB.

Harga tiket masuk ke Kidzania pada hari biasa sekitar Rp 305.000 untuk anak berusia 4-16 tahun dan Rp260.000 untuk dewasa lebih dari 16 tahun. Kemudian ada hari libur atau akhir pekan sekitar Rp335.000 untuk anak berusia 4-16 tahun dan Rp285.000 untuk dewasa.

6. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium merupakan tempat wisata aquarium indoor terbesar di Indonesia yang menampilkan aquarium indah nan eksotis. Aquarium ini memiliki sekitar 3.500 spesies hewan akuatik dan nonakuatik.

Lokasi Jakarta Aquarium ada di NEO SOHO Podomoro City Mall Jl. Letjen S. Parman No.106 3, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Buka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 21.00 WIB dengan harga tiket yang berbeda-beda seperti melansir dari Instagramnya berikut ini:

Weekday:

  • Reguler Anak-anak: Rp 115.000
  • Reguler Dewasa: Rp 150.000
  • Premium Anak-anak: Rp 150.000
  • Premium Dewasa: Rp 200.000

Weekend:

  • Reguler Anak-anak: Rp 150.000
  • Reguler Dewasa: Rp 175.000
  • Premium Anak-anak: Rp 175.000
  • Premium Dewasa: Rp 225.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini