Sukses

Sering Tertukar, Begini Cara Membedakan Jahe dan Lengkuas

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun jahe dan lengkuas memiliki penampilan yang mirip. Keduanya memiliki perbedaan utama khususnya terletak pada rasa dan aroma khas masing-masing.

Dirangkum dari berbagai sumber, jahe memiliki sentuhan pedas dan manis, sementara lengkuas memberikan cita rasa segar, pahit, dan sedikit pedas. Ini membuat kebingungan antara keduanya bisa mengubah selera suatu hidangan.

Jahe umumnya digunakan untuk memberikan rasa dan kehangatan pada hidangan, terutama dalam masakan Asia dan minuman seperti teh jahe. Di sisi lain, lengkuas sering menjadi bintang dalam hidangan Asia Tenggara, memberikan aroma khas pada sup, rendang, dan hidangan khas lainnya.

Untuk menghindari kesalahan, penting untuk dapat membedakan jahe dan lengkuas. Jahe memiliki kulit lebih halus, warna kuning muda, dan rasa lebih manis, sementara lengkuas memiliki kulit yang kasar, warna lebih muda, dan aroma yang khas.

Pemahaman yang baik tentang perbedaan antara jahe dan lengkuas tidak hanya meningkatkan kualitas hidangan, tetapi juga membuka pintu untuk eksplorasi kuliner yang lebih kaya.

Dengan memahami peran masing-masing rempah, kita dapat menciptakan hidangan yang lezat dan seimbang. Meskipun keduanya memiliki aroma khas dan digunakan dalam masakan, perbedaan mereka sering kali terabaikan.

Berikut perbedaan antara jahe dan lengkuas untuk memahami keduanya dengan lebih baik.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan

Asal Tanaman

Jahe merupakan umbi tanaman Zingiber officinale yang tumbuh di Asia. Sementara Lengkuas diperoleh dari rimpang tanaman Alpinia galanga yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara.

Tampilan Fisik

Jahe memiliki kulit coklat kekuningan dan daging berwarna kuning muda hingga kecoklatan. Sementara LengkuasMemiliki kulit yang kasar dengan warna coklat tua atau keunguan, dan daging putih.

Aroma dan Rasa

Jahe memiliki aroma pedas dan rasa hangat dan lengkuas memberikan aroma yang lebih kompleks, dengan sentuhan pedas, manis, dan citrus.

Penggunaan dalam Masakan

Jahe sering digunakan dalam masakan sebagai bumbu atau untuk membuat minuman jahe hangat. Sementara lengkuas umumnya digunakan dalam hidangan Asia Tenggara seperti sup, kari, atau rendang.

Manfaat Kesehatan

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Lengkuas dikenal memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat lebih mudah mengenali dan memanfaatkan jahe dan lengkuas sesuai kebutuhan dalam dapur. Dalam menyajikan hidangan yang lezat dan sehat, pengetahuan tentang rempah-rempah ini dapat menjadi kunci utama.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.