Sukses

Pendukung Prabowo-Gibran di Madura Gelar Istigasah untuk Pemilu Damai

Para pendukung paslon 02 diminta turut menjaga dan mengawal bersama-sama agar pemilu kali ini berlangsung secara damai, konstitusional dan berlegitimasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan orang, mereka sebagian besar emak-emak dan santriwati, menggelar istigasah dan doa bersama di halaman Pondok Pesantren Al-Ibrohimy, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024).

Memakai kerudung berwarna biru muda, juga kaus warna senada bergambar Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka, istigasah itu dimaksudkan mendoakan agar pelaksanaan Pemilihan Umum 14 Februari mendatang berjalan damai dan capres yang mereka dukung menjadi pemenang.

"Saya hadir ke acara ini karena ingin ikut mendoakan agar pemilu lancar dan damai. Sebab, kalau buka medsos, ngeri-ngeri juga baca komentar yang saling serang," kata Saodah (35) salah satu warga.

Saodah mengaku sudah mendukung Prabowo sejak Pilpres 2014. Dan ketika tahun ini, Mantan Danjen Kopassus itu masih bisa mencalonkan diri kembali, dia tak perlu banyak pertimbangan untuk mendukungnya kembali.

"Sudah dua kali kalah, semoga kali ini Prabowo menang," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemilu Damai

Selain istigasah, acara yang didukung oleh kelompok masyarakat pesisir Jawa Timur ini juga diisi orasi politik oleh tokoh muda Madura yang juga politikus senayan dari Fraksi Demokrat, Hasani  bin Zuber.

Dia meminta para pendukung paslon 02 untuk turut menjaga dan mengawal bersama-sama agar pemilu kali ini berlangsung secara damai, konstitusional dan berlegitimasi.

"Pemilu memiliki makna penting untuk menjaga penyelenggaraan bernegara yang denokratis, deni mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat sebagaimana dimandatkan dalam konstitusi," kata dia.

Atas keinginan itulah, Hasani menilai dukungan kepada Prabowo dan Gibran, khususnya oleh masyarakat Madura, sebaiknya dikonkretkan lewat pencoblosan surat suara di TPS, ketimbang sekedar perdebatan di media sosial.

Dan melihat situasi di masyarakat akar rumput belakangan ini, ditambah hasil sejumlah survei yang mengunggulkan paslon 02, membuat Hasani yakin Prabowo-Gibran menang sekali putaran kian mendekati kenyataan.

"Kami yakin masyarakat di Madura bisa mewujudkan itu semua, untuk kemenangan pasangan Prabowo-Gibran dan pemilu yang sejuk dan damai sehingga menghasilkan pemimpin yang baik untuk kemajuan," jelas pria yang akrab disapa Ra Hasani ini.

3 dari 3 halaman

Pedagang Balon

Di sela-sela acara istigasah ini, sebuah momen haru dialami seorang pedagang balon bernama Abdul Rohim. Meski datang ke acara itu untuk berdagang, panitia memberikan sebuah kupon doorprize dengan hadiah utama lemari es dan sepeda listrik.

Saat tiba pengundian doorprize dengan hadiah kulkas, ternyata kupon milik Abdul Rohim yang keluar. Setelah nomor undiannya dinyatakan cocok, dia pun berjalan gontai ke atas panggung untuk menerima hadiah. Setelah menerima hadiah, lemari es itupun diangkat bersama-sama oleh rekan Abdul Rohim sesama pedagang yang juga berjualan di lokasi acara. Saking bahagianya mendapat hadiah, Abdul Rohim lantas membagikan semua balon dagangannya kepada anak-anak yang mengerubunginya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.