Sukses

Mengenal Arti Istilah 'Ilmu Padi' dan 'Manyala Abangku' di Medsos yang Viral

Istilah "ilmu padi" dan "manyala abangku" akhir-akhir ini menjadi istilah gaul yang viral di media sosial. Berikut arti dari kedua istilah tersebut.

Liputan6.com, Bandung - Akhir-akhir ini media sosial ramai menggunakan beberapa istilah gaul “manyala abangku” dan “ilmu padi”. Terpantau istilah ini digunakan di media sosial dengan tujuan sebagai sebuah pujian kepada seseorang.

Istilah “manyala abangku” biasanya ditulis dengan sebuah emoticon api di akhir kalimat. Sementara itu, istilah “ilmu padi” ditulis dengan menggunakan sebuah emoticon padi di akhir kalimatnya.

Tentu sejumlah warganet ada yang belum mengerti apa makna dari kedua istilah viral tersebut. Selain itu, kedua istilahnya sering terlihat digunakan dalam berbagai konteks pembicaraan.

Melansir dari beberapa sumber, istilah “ilmu padi” dan “manyala abangku” kabarnya berawal dari sebuah video TikTok yang diunggah oleh akun bernama @mamangwinner. Video tersebut telah diunggah sejak 2021 dan kembali viral di awal 2024 ini.

Videonya bahkan telah ditonton oleh 7.4 juta pengguna Tiktok dan mendapatkan tanda suka oleh 604.6 ribu pengguna. Melalui video tersebut, istilah “ilmu padi” dan “manyala abangku” biasa digunakan oleh anak-anak futsal.

Sementara itu, dari sumber lain menuturkan bahwa kedua istilah tersebut sering digunakan oleh para pemain sepak bola Indonesia. Diketahui mereka sering menulis komentar dengan istilah tersebut ketika temannya sedang mengunggah foto di media sosial.

Tentunya istilah tersebut mempunyai tujuan untuk memuji atau memberikan rasa hormat kepada pemain lainnya atas apa yang telah mereka lakukan. Kemudian kata “manyala” diketahui sebagai jargon dari klub bola Borneo FC dan sering digunakan oleh para pemainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Istilah Ilmu Padi

Adapun istilah “ilmu padi” ternyata mempunyai arti atau makna yang sangat bijak jika digunakan. Ilmu padi mempunyai pesan bahwa seseorang penting untuk menjaga sikap rendah hati meskipun telah meraih kesuksesan atau memiliki pengetahuan.

Alasan penggunaan kata padi sendiri tidak jauh dari sifat tanaman tersebut yang semakin berisi tanaman itu semakin menunduk. Sehingga, maknanya menjadi simbol kerendahan hati bagi seseorang.

Istilah ini juga kerap digunakan oleh seseorang untuk mengajak mereka agar bersikap rendah hati. Terutama ketika memiliki pengetahuan yang tinggi atau berhasil meraih kesuksesan yang tinggi.

Biasanya istilah “ilmu padi” juga disertai dengan emoticon padi yang membuat pesannya semakin bermakna.

3 dari 4 halaman

Arti Istilah Manyala Abangku

Istilah “manyala abangku” mempunyai arti yang baik karena bernada pujian kepada seseorang. Diketahui kata “manyala” merujuk kepada keadaan benda yang bersinar atau terang dan biasanya dikaitkan dengan api, lampu, atau objek lain yang bercahaya.

Kemudian kata “abangku” merupakan sebuah panggilan akrab yang biasanya digunakan kepada seseorang yang lebih tua atau dihormati. Kata “Abangku” kerap digunakan dalam lingkungan pertemanan dan keluarga.

Sehingga, arti “manyala abangku” menjadi sebuah pujian kepada seseorang yang memiliki keistimewaan atau kemampuan yang menonjol dan membuat kita kagum. Istilah ini digunakan untuk memuji teman, saudara, pasangan, hingga idola.

Singkatnya, arti “manyala abangku” mempunyai makna yang sama dengan kata “keren” ketika memuji seseorang. Adapun pada akhir kalimat, orang-orang biasa menggunakan emoticon api sebagai gambaran bersinar.

4 dari 4 halaman

Viral dan Menjadi Istilah Gaul Kekinian

Akhir-akhir ini, kedua istilah tersebut mulai viral dan menjadi istilah gaul yang digunakan di berbagai platform media sosial. Misalnya saja di TikTok, Instagram, hingga Twitter (sebelumnya X).

Meskipun awalnya istilah ini  lebih populer digunakan oleh para pecinta sepak bola Indonesia. Baru-baru ini kalimat tersebut mulai digunakan di antara warganet dan menjadikannya istilah gaul.

Selain itu, sejumlah sosok populer Indonesia yaitu calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan juga menggunakan istilah tersebut dan membuatnya semakin viral dan digunakan oleh warganet lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini