Sukses

Dari Hobi jadi Prestasi, Mahasiswi Ini Raih Kejuaran Golf Nasional

Sania menyatakan bahwa menapaki hobi menjadi seorang pegolf profesional bukanlah sesuatu yang terjadi secara instan, melainkan sebuah perjalanan panjang yang dirangkul sepenuh hati.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswi Hubungan Internasional Universitas Pertamina (UPER) angkatan 2023, Sania Talita Wahyudi berhasil menjadikan hobi yang telah ditekuninya sejak usia sepuluh tahun mampu mengantarkannya meraih peringkat kedua dalam Kejuaraan Nasional Golf Amatir 2024.

Prestasi ini memantapkan posisinya sebagai pegolf putri dunia urutan ke 490 dari 3.027 pegolf wanita berdasarkan World Amateur Golf Ranking.

"Saya percaya bahwa hobi yang saya geluti dengan serius ini justru akan meningkatkan potensi diri saya. Di lain sisi, menjadi atlet golf juga membantu saya dalam mengurangi rasa bosan dalam melakukan aktivitas lainnya, ini juga menjadi salah satu kunci keberhasilan saya dalam belajar," katanya.

Sania yang bercita-cita sebagai diplomat, kini tengah mempersiapkan turnamen Women’s Amateur Asia Pacific 2024 pada akhir Januari 2024 nanti. Sebuah gelaran paling bergengsi untuk bersaing dengan para pegolf terbaik se-Asia Pasifik.

Sania menyatakan bahwa menapaki hobi menjadi seorang atlet golf profesional bukanlah sesuatu yang terjadi secara instan, melainkan sebuah perjalanan panjang yang dirangkul sepenuh hati.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiat Sukses

Berikut kiat sukses yang dibagikan Sania dalam mencapai hal tersebut:

1. Berani Mengambil Tantangan

Sebagai seorang mahasiswa yang terikat oleh kewajiban akademis untuk menghadiri perkuliahan, mengerjakan tugas hingga melaksanakan berbagai proyek kuliah, menjadikan golf sebagai aktivitas untuk melepas stress sekaligus mengasah bakatnya.

Meski begitu, ketika hobi ini menjadi sebuah rutinitas yang digeluti secara profesional, Sania merasakan getirnya berbagai tantangan yang muncul.

"Pada awalnya saya berlatih dari seminggu dua kali sampai kini 5 sampai 6 kali berlatih dalam seminggu. Meskipun menjalankan kewajiban sebagai seorang pelajar, saya merasa passion bermain golf justru mendorong saya untuk terus berkembang," ujarnya.

2. Konsisten dan Disiplin

Menjalani peran ganda sebagai atlet golf dan pelajar membuat Sania turut dilanda pasang surut motivasi dalam belajar maupun berlatih golf. Hebatnya, ia tetap berusaha untuk dapat menjalani kedua hal tersebut karena prinsip konsistensi dan disiplin yang di pegangnya.

"Kadang suka merasa malas menghadiri kelas atau terkadang malas berlatih. Namun yang selalu saya percaya bahwa kesuksesan tidak datang dari suatu hal yang mudah. Oleh karena itu, saya terus berusaha disiplin terhadap waktu belajar, waktu berlatih dan waktu beristirahat," katanya.

3. Apresiasi Diri

Dalam menekuni hobi sebagai jalan meniti karir untuk menjadi pegolf profesional, Sania kerap terjebak pada kekurangan maupun kesalahan yang sudah dilakukan dan abai terhadap pencapaian kecil yang telah diraihnya.

Namun, guna menjaga semangat diri tetap berkoar di dirinya, Sania terus mengapresiasi diri dengan melakukan hal yang disukainya.

"Biasanya kalau mendapati kegagalan di sebuah turnamen, rasa sedih dan kecewa merupakan respon emosional yang saya rasakan, tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama. Saya membangun kebiasaan untuk mengapresiasi dedikasi dan kerja keras yang sudah saya lakukan," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini