Sukses

Sebagian Besar Wilayah Sulut Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 5 Februari 2024," ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle pada, Jumat (2/2/2024).

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Sulut masih berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 5 Februari 2024," ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle pada, Jumat (2/2/2024).

Dia mengatakan, BMKG akan terus melakukan pemutakhiran data dan informasi melalui kanal-kanal yang dimiliki sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat dan pemangku kepentingan terkait sebagai langkah mitigasi.

“Pada 3 Februari 2024, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara. Kondisi ini terjadi juga di Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Selatan,” ungkap dia.

Selanjutnya, pada 4 Februari 2024 diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, dan Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan di 5 Februari 2024 berpotensi terjadi di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Selatan.

"Kami mengajak warga mewaspadai potensi bencana banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang," ujarnya mengingatkan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Sulut