Sukses

PGN Siapkan Jaringan Gas untuk Rumah Dinas ASN hingga Hunian Menteri di IKN

PT PGN siap membangun jargas untuk memenuhi kebutuhan di rumah dinas ASN dan tapak menteri di IKN Kalimantan Timur (Kaltim).

Liputan6.com, Palembang - Pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), turut didukung oleh PT Perusahaan Gas Nasional (PGN).

Sebagai Subholding Gas Pertamina, PT PGN akan menyiapkan pengembangan program jaringan gas (jargas) rumah tangga, sebagai dukungan penyediaan energi bersih di IKN.

Menurut Direktur Sales & Operasi PT PGN Ratih Esti Prihatini, pemerintah mengamanatkan pembangunan jargas kepada Pertamina selaku Holding Migas di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP IKN). Pertamina menugaskan PGN selaku Subholding Gas untuk pelaksanaannya.

“Jargas akan dapat dimanfaatkan di hunian-hunian atau rumah dinas untuk menteri, hingga pegawai di IKN. Di tahap awal, sambungan jargas di IKN disiapkan untuk 166 tower (hunian ASN) dan 34 rumah tapak menteri,” ucapnya, Kamis (31/1/2024).

PT PGN siap jadi bagian dari solusi pemanfaatan energi bersih di IKN. Serta memperluas pemanfaatan gas bumi bagi sebuah lingkungan yang makin hijau, dampak multiplier effect untuk lingkungan dan masyarakat dapat lebih dioptimalkan.

“Bagaimanapun gas bumi adalah energi fosil terbersih yang dapat menjadi solusi transisi energi bersama pemanfaatan energi bersih lainnya menuju era Energi Baru Terbarukan dan pencapaian target NZE 2060,” katanya.

Pembangunan jargas di IKN direncanakan dibangun secara bertahap. Selain rumah dinas pemerintahan, jaringan distribusi gas juga ditujukan untuk komersial, gedung pemerintahan, dan fasilitas lainnya.

Nantinya, pipa distribusi gas bumi ditempatkan jaringan umum atau Multi Utility Tunnel (MUT), yang akan dibangun oleh Kementerian PUPR.

Gas bumi akan disuplai dengan Compressed Natural Gas (CNG) yang bersumber dari Balikpapan atau Bontang di Kaltim. PGN juga sudah melakukan kegiatan kontruksi di lapangan dan ditargetkan selesai di Juni 2024.

“Portofolio PGN di wilayah Kaltim akan terus dikembangkan, sehingga dapat menjangkau IKN serta mendukung wilayah penyangga IKN agar pemanfaatan energi bersih semakin luas dan optimum,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sediakan Gas Bumi

PGN melalui PT Pertagas mengelola penyaluran gas secara terintegrasi, di antaranya Pipa Transmisi Gas Bumi Senipah-Balikpapan 20” sepanjang 78 KM.

Bahkan ke depannya, jaringan distribusi baru yang akan menghubungkan jaringan distribusi gas IKN dengan pipa Senipah Balikpapan, sehingga penyaluran gas menjadi lebih handal.

Pengembangan lain yang dilakukan oleh PGN yaitu mengenai infrastruktur CNG dan LNG untuk retail untuk menyalurkan gas ke wilayah Kaltim.

“PGN siap untuk mendukung penyediaan gas bumi yang handal dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Kaltim. Kita juga bersinergi dengan otoritas IKN bersama stakeholder lain untuk merencanakan dan mengembangkan energi bersih gas bumi di IKN,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.