Sukses

Mencicipi Lengkapnya Nasi Serpang Khas Madura

Nasi serpang menjadi sajian khas Madura selain sate yang banyak digandrungi. Menyantap nasi serpang seolah sedang diajak berplesir melalui simbol-simbol yang terdapat pada lauk-pauknya.

Liputan6.com, Madura - Madura memiliki makanan unik dan khas yang disebut dengan nasi serpang. Menikmati kuliner ini seolah menggambarkan segala unsur yang ada di Pulau Madura.

Nasi serpang menjadi sajian khas Madura selain sate yang banyak digandrungi. Menyantap nasi serpang seolah sedang diajak berplesir melalui simbol-simbol yang terdapat pada lauk-pauknya.

Mengutip dari indonesiakaya.com, nasi serpang adalah nasi yang disajikan dengan aneka lauk-pauk. Adapun lauk-pauk yang ada di dalamnya adalah pepes ikan tongkol, kerang masak sambal goreng, soun bumbu kecap, telur asin masir, sambal terasi, krupuk bumbu rujak, dendeng daging sapi Madura, dan keripik paru.

Meski nasinya tampak sedikit, tetapi kuliner Madura ini cukup mengeyangkan. Uniknya, nasi serpang tak bisa disajikan terpisah dan harus tersaji secara lengkap.

Pulennya nasi serpang berasal dari hasil tata cara pendinginan nasi yang memang sudah menjadi ciri khas kuliner Madura. Selain itu, nasi ini juga dilengkapi sambal terasi bertekstur kasar yang menyerupai petis.

Nama serpang sebenarnya mengacu pada nama dusun di Desa Sabiyan, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Jawa Timur. Nasi serpang lahir dari resep turun-temurun yang hingga kini masih terus dilestarikan.

Bahkan, nasi serpang menjadi penopang utama perekonomian di daerah asalnya. Selain sebagai hidangan khas, nasi serpang juga kerap menjadi oleh-oleh yang dibawa saat menjenguk kerabat yang sedang sakit.

Kini, nasi serpang sudah semakin dikenal lebih luas. Bahkan, nasi ini bisa ditemukan di sekitar Surabaya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini