Sukses

130 Ribu Pemilih Pemula di Jawa Barat Belum Memiliki KTP Elektronik

Kejar tingkat daftar penduduk potensial pemilih pemilihan DP4, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi jemput bola melakukan perekaman KTP elektronik ke sekolah-sekolah.

Liputan6.com, Sukabumi - Kejar tingkat partisipasi pemilih pemula yang masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi melakukan jemput bola terhadap pemilih pemula yang belum memiliki KTP Elektronik (KTP-el).

Ratusan siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cikidang Sukabumi terlihat mengantre dalam perekaman KTP-el yang dilakukan oleh petugas Disdukcapil pada Selasa (16/1/2023) lalu.

Kepala Disdukcapil Jawa Barat, Berli Hamdani mengatakan, dari sekitar 400 ribu daftar penduduk potensial pemilih pemilihan di Jawa Barat pada Pemilu 2024 ini, pihaknya mencatat baru menyelesaikan sekitar 270 ribu perekaman KTP-el pemilih pemula.

Perekaman DP4 Pemula itu sesuai dengan arahan Kementerian Dalam Negeri juga Direktorat Jenderal Dukcapil tentang pemberian KTP bagi yang sudah memenuhi syarat.

“Sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yah data pokok pendidikan itu ada 400 ribu lebih yang harus direkam dan alhamdulillah untuk di hari ini itu sudah selesai di 270 an ribu yang memang paling banyak di perkotaan,” kata Berli.

Disdukcapil Jabar memberikan bantuan untuk mempercepat target data perekaman tersebut. Termasuk juga meminta bantuan dari wilayah yang sudah melebihi target perekaman pendaftar pemilih, seperti Kota Tasikmalaya. Pihaknya mentargetkan pendataan itu bisa rampung sebelum 14 Februari 2024 mendatang.

“Memang di perkotaan itu Kota Tasikmalaya yang pada hari ini kita mengirimkan bantuan berupa tim, tim pertama terdiri dari 6 orang petugas, kemudian unit perekaman kemudian ditambah limit, dan kami juga menyumbangkan keping KTP yang tujuannya tadi adalah untuk percepatan sebelum tanggal 14 Februari kita usahakan terakhir di tanggal 9 Februari itu sudah tercapai semua target,” ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabupaten Sukabumi Terendah dalam Capaian DP4

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menuturkan, capaian Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di Kabupaten Sukabumi masih masuk kategori rendah. Bantuan sebanyak dua ribu keping KTP diterima Disdukcapil Sukabumi.

“Hari ini kabupaten sukabumi karena merupakan kabupaten terendah dalam capaian rekaman DP4 oleh karena itu atas bantuan Pak Kadis dari provinsi sehingga tadi ada bantuan dua ribu keping kartu KTP mudah-mudahan ini akan mempercepat karena target kita di tanggal 14 pencoblosan sukses,” ujar Ade.

Seluruh pemilih pemula ini akan dijemput bola untuk dapat menyuarakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara dalam Pemilu 2024. Pemerintah pun menghimbau agar para pemilih pemula bisa berpartisipasi aktif dalam mengurus kebutuhan data perekaman.

“Karena iru terutama anak anak sekolah yang sebagai generasi penerus telah dewasa, usianya udah tujuh belas maka perekaman dilaksanakan di sini,” ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini