Sukses

Sinopsis dan Fakta Menarik Film 'Sehidup Semati', Kisah Laura Basuki Alami KDRT

Film horror thriller Indonesia bertajuk "Sehidup Semati" telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia. Film ini menampilkn kisah Laura Basuki yang mengalami KDRT dan perselingkuhan.

Liputan6.com, Bandung - Film terbaru karya Upi bertajuk “Sehidup Semati” telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia. Film berdurasi 1 jam 48 menit ini mempunyai genre horror thriller yang mengangkat isu terkait kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

Film Sehidup Semati tayang sejak Kamis (11/1/2024) dan hanya bisa ditonton oleh penonton berusia 17 tahun ke atas. Film ini diperankan oleh sederet aktor ternama mulai dari Laura Basuki, Ario Bayu, hingga Asmara Abigail.

Sehidup Semati digarap oleh sutradara Upi Avianto yang pernah juga membuat film-film populer seperti Hit & Run, Sri Asih, My Stupid Boss, hingga Belenggu. Melalui trailer yang telah dirilis film ini akan menampilkan banyak adegan kekerasan dan sejumlah kisah misteri.

Laura Basuki terlihat mendapatkan perlakukan kekerasan dari suaminya hingga mendapatkan luka lebam pada sekujur tubuhnya. Selain itu, terlihat juga adanya teror dari seorang perempuan yang tidak ia kenal yang membawa nuansa horror dalam film ini.

Artis Laura Basuki akan berperan sebagai karakter bernama Renata seorang wanita yang dikenal lemah lembut dan tumbuh dari keluarga taat beragama. Sementara, Ario Bayu berperan sebagai Edwin suami dari Renata yang ternyata membawa mimpi buruk kepadanya.

Selain itu, artis Asmara Abigail akan berperan sebagai seorang perempuan yang mempunyai tampilan seksi. Karakternya terlihat sering berada di samping sang pemeran utama perempuan dan terlihat penuh misteri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis

Melansir dari IMDb Sehidup Semati menceritakan tentang seorang perempuan bernama Renata (Laura Basuki) yang dikenal sebagai wanita lemah lembut. Ia tumbuh dalam keluarga yang sangat taat beragama.

Ibunya sering menanamkan pandangan pada Renata bahwa hakikat seorang istri merupakan mengabdi kepada suami dan menjaga keutuhan rumah tangga. Namun, dalam rumah tangga Renata terdapat permasalahan yang membuatnya mencurigai suaminya.

Renata mencurigai suaminya yang bernama Edwin (Ario Bayu) telah selingkuh dengan wanita lain. Sementara itu, Renata merasa dirinya harus berjuang untuk keutuhan rumah tangganya tersebut.

Sementara itu terdapat seorang perempuan seksi dan vulgar (Asmara Abigail) yang merupakan tetangga baru di sebelah unit apartemennya. Wanita itu mencoba untuk membantu Renata.

Sampai akhirnya ia mengetahui bahwa wanita yang diyakininya selingkuh dengan Edwin merupakan perempuan bernama Ana (Chantiq Schagerl). Namun, Ana dinyatakan hilang dan tengah dicari keberadaannya.

Setelah itu, Renata dibayangi hingga mendapatkan teror dengan kehadiran Ana, bahkan suaminya semakin bersifat dingin dan menjauhinya. Dengan segala hal aneh dan teror tersebut satu-satunya tekad Renata adalah menyelamatkan rumah tangganya.

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik film Sehidup Semati:

1. Cerita Buatan 13 Tahun Lalu

Film Sehidup Semati mengangkat isu terkait kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan stigma yang sering beredar di masyarakat. Melalui media sosial Instagramnya Upi selaku sutradara dan penulis cerita membagikan latar belakang kisah film Sehidup Semati.

Upi menyebutkan jika cerita dari film ini merupakan cerita yang dibuat pada 13 tahun yang lalu. Ia menjelaskan bahwa saat itu merasa terusik dengan dogma-dogma atau ayat-ayat dari kepercayaan manapun yang sering disalahtafsirkan atau disalahgunakan.

Dimana sering kali membuat posisi perempuan atau istri menjadi sangat lemah dan rentan. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa seringkali para pemuka berbicara dan menggambarkan kehadiran perempuan sebagai makhluk antagonis.

Ia juga berharap melalui karyanya yang mengusung genre thriller horror tersebut bisa membuka pikiran khalayak. Serta membawa harapan agar tidak ada perempuan lain yang mempunyai nasib sama seperti karakter di filmnya tersebut.

Lewat cerita yang dibalut dengan genre thriller horror ini, saya berharap bisa membuka pikiran kita dan semoga tidak ada lagi perempuan-perempuan yang bernasib seperti Renata di luar sana,” tulisnya @upirocks.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

2. Diperankan Aktor Ternama Indonesia

Sehidup Semati diperankan oleh deretan aktor ternama dan populer Indonesia seperti Laura Basuki, Ario Bayu, Asmara Abigail, hingga Chantiq Schagerl. Melalui film ini Laura Basuki berperan sebagai karakter bernama Renata.

Karakternya digambarkan sebagai seorang perempuan lemah lembut yang tumbuh dari keluarga yang taat agama. Karakternya sering ditanamkan oleh sang ibu bahwa hakikat seorang istri adalah mengabdi kepada suami.

Sementara itu aktor Ario Bayu berperan sebagai karakter bernama Edwin suami dari Renata yang mempunyai sifat kasar. Lebih jelasnya lagi berikut ini adalah daftar pemeran film Sehidup Semati melansir dari IMDb:

1. Laura Basuki sebagai Renata.

2. Ario Bayu sebagai Edwin.

3. Asmara Abigail sebagai Asmara.

4. Chantiq Schagerl sebagai Ana.

5. Maya Hasan.

6. Lukman Sardi.

7. Whani Darmawan.

8. Aqeela Dhiya.

9. Ivanka Suwandi.

10. Elly D. Luthan.

11. Verdi Solaiman.

12. Patty Angelica Sandya.

3. Reuni Laura Basuki dan Ario Bayu

Melalui film ini Laura Basuki dan Ario Bayu kembali dipertemukan sebagai pasangan suami istri. Sebelumnya Laura dan Ario pernah berperan sebagai pasangan dalam film tahun 2018 bertajuk “The Returning”.

Selain bersama Ario Bayu, Laura Basuki juga kembali bertemu dengan Maya Hasan dalam film ini. Keduanya pernah dipertemukan dalam serial tahun 2023 bertajuk “Merajut Dendam”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.