Sukses

Mengenal Ayat-Ayat yang Berisi Anjuran Ibu Menyusui dalam Al-Qur'an

Dalam agama Islam memberikan ASI atau menyusui anak oleh seorang ibu sangat dianjurkan bahkan tertera dalam Al-Qur'an.

Liputan6.com, Bandung - Menjadi orangtua yang telah dikaruniai anak maka mempunyai kewajiban untuk memperhatikan keberlangsungan hidup anaknya. Sebagai orangtua wajib untuk bisa memberikan yang terbaik untuk perkembangan anak.

Selain itu dalam agama Islam anak merupakan titipan yang Allah SWT berikan kepada para orang tua. Maka dari itu wajib bagi orang tua untuk memberikan semua yang terbaik untuk anaknya salah satunya kewajiban dalam memberikan asi atau menyusui anak-anaknya oleh sang Ibu.

Diketahui menyusui anak dengan ASI atau air susu ibu mempunyai makna mendalam yang besar. Salah satunya asi memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bisa membantu proses pertumbuhan dari fisik dan jiwa anak itu sendiri.

Sementara itu ASI mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh sang buah hati dan salah satu karunia dari Allah SWT yang diciptakan untuk ibu dan anak-anaknya. Melansir dari rsiazainab secara medis ASI mempunyai banyak manfaat untuk buah hati.

Bahkan, Lembaga Kesehatan Dunia yaitu WHO turut menyarankan agar anak diberi asi oleh sang ibu hingga usia dua tahun. Pasalnya, dari dua tahun tersebut, enam bulan pertama menjadi fase di mana ASI yang diberikan kepada anak bersifat eksklusif atau tidak mencampurkan dengan makanan lain.

Kemudian anjuran WHO tersebut juga ternyata sudah lama tertulis dalam Al-Qur'an. Diketahui ada beberapa firman Allah yang mengimbau para ibu untuk menyusui anak-anaknya seperti berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ayat Dalam Al-Qur'an yang Berisi Anjuran Ibu Menyusui Anaknya

Terdapat beberapa surat dalam Al-Quran yang berisi mengenai seorang ibu yang menyusui anaknya. Berikut ini adalah beberapa ayat-ayatnya:

Surah Al-Qasas Ayat 7

Melalui surah Al-Qasas Ayat 7 dijelaskan bahwa terdapat Firman Allah SWT terkait anjuran untuk menyusui seperti berikut ini:

وَاَوْحَيْنَآ اِلٰٓى اُمِّ مُوْسٰٓى اَنْ اَرْضِعِيْهِۚ فَاِذَا خِفْتِ عَلَيْهِ فَاَلْقِيْهِ فِى الْيَمِّ وَلَا تَخَافِيْ وَلَا تَحْزَنِيْ ۚاِنَّا رَاۤدُّوْهُ اِلَيْكِ وَجَاعِلُوْهُ مِنَ الْمُرْسَلِيْنَ

Artinya: “Dan kami ilhamkan kepada Ibunya Musa, “Susuilah dia (Musa), dan apabila engkau khawatir terhadapnya maka hanyutkanlah dia ke sungai (Nil). Dan janganlah engkau takut dan jangan (pula) bersedih hati, sesungguhnya Kami akan mengembalikannya kepadamu, dan menjadikannya salah seorang rasul”.

Surah Al-Qasas Ayat 12

Melalui surat yang sama yaitu Al-Qasas dalam ayat 12 terdapat anjuran yang berbunyi serupa berikut ini:

وَحَرَّمْنَا عَلَيْهِ الْمَرَاضِعَ مِنْ قَبْلُ فَقَالَتْ هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰٓى اَهْلِ بَيْتٍ يَّكْفُلُوْنَهٗ لَكُمْ وَهُمْ لَهٗ نَاصِحُوْنَ

Artinya: “Dan Kami cegah dia (Musa) menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusui(nya) sebelum itu; maka berkatalah dia (saudara Musa), “Maukah aku tunjukkan kepadamu, keluarga yang akan memeliharanya untukmu dan mereka dapat berlaku baik kepadanya?”.

3 dari 4 halaman

Ayat Dalam Al-Quran yang Berisi Anjuran Ibu Menyusui Anaknya

Surah Al-Baqarah Ayat 233

Melansir dari rsiazainab dijelaskan bahwa dalam Al-Quran terdapat ayat yang menyarankan seorang ibu untuk menyusui anaknya selama dua tahun penuh seperti berikut ini:

"وَالْوَالِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يُّتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۗ"

Artinya: “Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna”.

Surah Luqman Ayat 14

Melalui surat Luqman ayat 14 disebutkan mengenai berbakti kepada kedua orang tua dan juga bagaimana seorang ibu yang mengandung dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Berikut ini arab dan artinya:

 وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu”.

4 dari 4 halaman

Manfaat ASI untuk Kesehatan Anak

Selain tertulis dalam Al-Quran manfaat ASI dalam pandangan kesehatan mempunyai banyak manfaatnya. Mengutip dari Kemenkes berikut ini adalah beberapa manfaat ASI untuk kesehatan anak:

1. Mempunyai zat gizi yang sesuai kebutuhan bayi serta berguna untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan fisik dan kecerdasan dari sang buah hati.

2. Melindungi bayi dari alergi.

3. Aman serta terjamin kebersihannya karena ASI diberikan langsung kepada bayi dalam keadaan yang segar.

4. ASI membantu bayi dalam memperbaiki refleks menghisap, menelan, dan pernapasan untuk bayi.

5. Bayi bisa tumbuh menjadi lebih sehat, lincah, dan tidak cengeng.

6. Bayi tidak sering sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini