Sukses

Laut Kidul Kembali Makan Korban, Pelajar Asal Banyumas Tewas Tenggelam di Pantai Sidayu Cilacap

Ganasnya ombak pantai selatan Jawa atau Laut Kidul kembali memakan korban jiwa. Seorang pelajar asal Banyumas, Jawa Tengah tewas tenggelam usai terseret ombak Pantai Sidayu, Cilacap

Liputan6.com, Cilacap - Ganasnya ombak pantai selatan Jawa atau Laut Kidul kembali memakan korban jiwa. Seorang pelajar asal Banyumas, Jawa Tengah tewas tenggelam usai terseret ombak Pantai Sidayu, Cilacap, Minggu malam (31/12/2023).

Kepastian itu diperoleh setelah tim SAR gabungan berhasil menemukan jenazah korban atas nama Bisma Aflah Ozora (16) yang beralamat di Bobosan RT 06 RW 02, Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas, sekitar pukul 20.30 Wib.

Diketahui, sebelumnya ayah dan dua anaknya yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat juga ditemukan meninggal usai terseret ombak Pantai Jetis, Cilacap.

"Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 7°41'55.14" S 109°15'35.16" T sekitar 300 meter ke arah timur dari lokasi kejadian," ungkap Adah Sudarsa selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap.

Korban selanjutnya dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Binangun untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh pihak medis.

"Dengan telah ditemukannya korban, maka Tim SAR Gabungan selanjutnya melakukan debriefing, Operasi SAR dinyatakan ditutup. Dan seluruh unsur terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih," ucap dia.

Dalam pencarian ini, nsur SAR yang terlibat di antaranya Basarnas Kantor SAR Cilacap, Koramil Binangun, Polsek Binangun, Polairud, SAR Arnavat, RAPI Cilacap, Cilacap Rescue, SAR MTA, IEA Purwokerto, Redkar, IPCI, Bagana, keluarga, dan masyarakat setempat.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Kecelakaan Laut di Masa Nataru

Sebelumnya, Basarnas Cilacap mendapatkan informasi atas hilang dan tenggelamnya seorang wisatawan yang sedang mandi tepatnya di Pantai Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Adah mengatakan pertama kali mendapatkan informasi dari Kepala Desa Sidayu Pada Minggu (31/12/2023) bahwa telah terjadi seorang wisatawan yang terbawa arus ombak dan tenggelam, setelah kita mendapatkan informasi tersebut langsung memberangkatkan satu regu untuk menuju ke lokasi kejadian.

Kejadian bermula Pada Minggu Pagi (31/12/2023) Pukul 05.30 Wib saat delapan anak asal banyumas sedang mandi di pantai. Nahas, mereka tak sadar ada ombak besar langsung menghantam adan satu di antaranya terbawa arus ombak dan tenggelam.

"Mengetahui rekanya tenggelam kemudian langsung melaporkan ke pihak terkait dan diteruskan ke Basarnas Cilacap," ucap Adah.

Basarnas mengimbau agar wisatawan dan pengguna transportasi laut untuk waspada dengan risiko ketinggian ombak di pantai selatan. Pasalnya, sebelumnya satu keluarga juga terseret ombak dan meninggal di Pantai Jetis, Cilacap. 

"Imbauan kepada seluruh wisatawan khususnya yang hendak berlibur di sepanjang pantai selatan Cilacap, Kebumen dan Purworejo jangan mandi di laut karena selama kegiatan Posko Nataru kita sudah menangani tujuh musibah dan kecelakaan khususnya di pantai selatan," kata Adah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.