Sukses

3 Pantai Berpasir Putih di Lampung Selatan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun

Kabupaten Lampung Selatan punya tiga pantai berpasir putih yang begitu eksotis yang wajib dikunjungi saat liburan akhir tahun.

Liputan6.com, Lampung - Tak perlu datang jauh-jauh ke Bali, untuk menikmati pemandangan indah pantai yang asri sembari bermain pasir putih di bibir pantai.

Di Lampung Selatan pun ada banyak pantai yang menyuguhkan panorama yang begitu mengesankan, yang mudah diakses dan tiket masuk yang terjangkau.

Apalagi dengan dibangunnya Tol Trans Sumatra, yang memudahkan akses Sumsel ke Bandar Lampung, dengan jarak tempuh hanya sekitar 5-6 jam.

Destinasi wisata di Bandar Lampung pun bisa dengan mudah diakses, terutama bagi pecinta wisata alam seperti pantai atau berenang di lautan.

Liputan6.com merangkum 3 destinasi wisata pantai berpasir putih di Lampung Selatan, yang menjadi rekomendasi lokasi liburan akhir tahun 2023 ini.

Pantai Setigi Heni

<p>Para pengunjung dari Kota Palembang Sumsel menikmati liburan akhir tahun di Pantai Setigi Heni di Lampung Selatan (Liputan6.com / Nefri Inge)</p>

Berlibur ke Lampung Selatan, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pantai Setigi Heni yang begitu memukau. Pantai ini berada di kawasan Canggung Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.

Nama Setigi Heni sendiri disematkan karena dulunya banyak pohon Setigi di hamparan bibir pantainya. Namun, akhirnya pohon-pohon tersebut luluh lantak saat terjadinya letusan Gunung Krakatau di masa silam.

Pantai Setigi Heni terkenal dengan pasir putih dan ombak yang cukup tenang, sehingga sangat aman untuk anak-anak bermain di bibir pantai.

Ada banyak pepohonan yang tumbang, yang malah menjadi spot swafoto yang instagramable. Pada sore hari, sunset di ujung pantai akan memukau para pengunjung yang berlibur di sana.

Untuk menuju ke Pantai Setigi Heni, hanya memakan waktu sekitar 1 jam jika dari Pelabuhan Bakauweni Bandar Lampung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantai Kunjir

Jika tak puas bermain-main air di pantai Setigi Heni, para wisatawan bisa mengunjungi pantai yang tak kalah eksotisnya, yakni Pantai Kunjir.

Pantai yang direkomendasikan sebagai salah satu tujuan liburan akhir tahun ini, berada di Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan.

Terkenal dengan kecantikan ekosistem terumbu karang dan ragam biota laut, Pantai Kunjir juga mempunyai pasir putih yang begitu indah.

Apalagi warna lautan yang biru, mampu meneduhkan mata pengunjung. Ditambah lagi sore hari, sunset berwarna keemasan yang memanjakan pandangan.

Para pengunjung baik anak-anak hingga orang dewasa bisa bermain dan berenang di bibir pantai, karena kedalamannya yang hanya setinggi dengkul orang dewasa.

Jika ingin lebih santai menikmati nyanyian deburan ombak Pantai Kunjir, wisatawan bisa menyewa gazebo seharga Rp50.000 saja.

Ada banyak pelaku usaha kuliner yang siap menghilangkan rasa lapar, mulai dari kuliner bakso, ketoprak, pecel bahkan minuman segar kelapa muda.

Untuk akses ke sana, hanya memakan waktu sekitar 30 menit dari Kota Kalianda atau 2,5 jam jika berangkat dari Bandar Lampung.

 

3 dari 3 halaman

Pantai Canti

Satu lagi rekomendasi pantai berpasir putih yang indah di Lampung Selatan, yakni Pantai Canti yang berada di Desa Canti Kecamatan Rajabasa.

Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 20 meteran ini, memiliki ombak yang cukup tenang sehingga aman bagi anggota keluarga untuk bermain di bibir pantainya.

Bahkan jika air pantai surut, pengunjung bisa melihat hamparan pasir bersih yang identik dengan ciri khas Pantai Canti.

Di sore hari, pengunjung akan disuguhkan bentangan alam yang begitu indah, yakni sunset di atas lautan lepas berwarna jingga keemasan.

Jika lapar melanda, pengunjung bisa mampir ke Rumah Makan Ayam Bakar Bunda Masodah, yang berada tepat di bibir Pantai Canti.

Usaha yang dirintis pasangan suami istri (pasutri) Ibenk Jenar (45) dan Masodah (44) ini, menawarkan beragam menu seafood dan lainnya.

Menu andalannya yakni ikan laut bakar, ayam bakar bumbu madu, bakso ikan, pindang ikan simbah dan lainnya. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp20.000 per paket.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini