Sukses

Croissant Makanan Lezat Jadi Simbol Gaya Hidup Modern, Begini Resepnya

Croissant terdiri dari berbagai varian rasa, mulai dari cokelat, keju, hingga matcha dan memiliki banyak penggemar khususnya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Croissant, roti asal Prancis kini menjadi salah satu makanan viral kekinian yang populer di kalangan Gen Z. Dengan kombinasi lapisan-lapisan lembut dan renyah, croissant telah mencuri hati pecinta kuliner di seluruh dunia.

Croissant bukan hanya sekadar roti, tapi juga simbol gaya hidup modern. Croissant terdiri dari berbagai varian rasa, mulai dari cokelat, keju, hingga matcha.

Roti croissant mengikuti tren kuliner zaman sekarang yang menyatukan tradisi dan inovasi. Tak hanya itu, croissant juga menjadi bahan dasar untuk berbagai kreasi makanan.

Dari croissant ice cream sandwich hingga croissant burger, makanan ini terus beradaptasi dengan selera konsumen masa kini. Sosial media juga turut berperan dalam menjadikan croissant sebagai makanan yang viral.

Foto-foto croissant yang menggiurkan dengan lapisan butter yang jelas terlihat, sering kali menjadi bahan pembicaraan di platform seperti Instagram. Tak heran jika croissant menjadi ikon kuliner yang penuh gaya saat ini.

Resep Croissant Kelezatan Lapisan-Lapisan Lezat:

Bahan:

- 250 gram tepung terigu

- 150 ml susu hangat1 sendok teh ragi instan

- 2 sendok makan gula pasir

- 1/2 sendok teh garam

- 200 gram mentega (dingin)

- Telur untuk olesan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Membuat Croissant

1. Campurkan ragi instan dan susu hangat dalam mangkuk kecil, diamkan selama 5-10 menit hingga berbuih.

2. Campur tepung terigu, gula, dan garam dalam mangkuk besar. Tambahkan campuran ragi dan susu ke dalam campuran tepung. Aduk hingga membentuk adonan kasar.

3. Letakkan adonan di permukaan yang ditaburi tepung dan uleni hingga elastis. Istirahatkan adonan selama 30 menit.

4. Pukul mentega dingin hingga pipih membentuk persegi panjang. Letakkan di tengah adonan, lipat adonan seperti amplop, lalu gilas kembali. Ulangi proses ini 3 kali dengan istirahat selama 30 menit setiap kali.

5. Setelah proses laminasi selesai, dinginkan adonan dalam lemari es selama 30 menit.

6. Gilas adonan membentuk persegi panjang. Potong menjadi segitiga panjang, lalu gulung dari bagian lebar ke ujung spirenya.

7. Letakkan croissant di atas loyang yang telah dilapisi kertas baking. Diamkan selama 1-2 jam hingga mengembang.

8. Panaskan oven pada suhu 200 derajat Celsius. Olesi permukaan croissant dengan telur yang telah dikocok.

9. Panggang croissant selama 15-20 menit atau hingga berwarna keemasan.

10. Dinginkan sejenak sebelum disajikan. Nikmati croissant lezat dengan lapisan-lapisan yang renyah dan lembut!

Croissant tidak hanya lezat, tapi juga menggambarkan bagaimana kuliner dapat berkembang dengan kreativitas dan keinginan untuk tetap relevan. Oleh karena itu, jangan ketinggalan untuk mencoba croissant dalam berbagai varian dan nikmati sensasi kelezatan yang tak terlupakan!

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini