Sukses

Ini Cara Indonesia Dukung Kamboja dalam Kepemimpinan AWEN

Para ‘focal points’ yang tergabung dalam Dewan Koordinasi dari Organisasi yang mewakili the ASEAN Women Entrepreneurs’ Network (AWEN), telah sukses melaksanakan Rapat Koordinasi yang ke 15 yang merupakan rakor pertama di bawah kepemimpinan AWEN Kamboja (CamWEN), periode 2023- 2025 di Smiling Hotel, Siem Reap, Kamboja.

Liputan6.com, Jakarta - Para ‘focal points’ yang tergabung dalam Dewan Koordinasi dari Organisasi yang mewakili the ASEAN Women Entrepreneurs’ Network (AWEN), telah sukses melaksanakan Rapat Koordinasi yang ke 15 yang merupakan rakor pertama di bawah kepemimpinan AWEN Kamboja (CamWEN), periode 2023- 2025 di Smiling Hotel, Siem Reap, Kamboja. 

Setidaknya, ada 10 delegasi negara yang ikut serta dalam pertemuan ini. Delegasi AWEN Indonesia, yang terdiri dari Rinawati Prihatiningsih atau akrab disapa Rina Zoet, Sinda, dan Vidia, hadir di pertemuan ini. 

Presentasi ini mencakup laporan kegiatan dan pencapaian selama masa kepemimpinan AWEN Indonesia dari 2021 hingga 2023, termasuk fokus pada pembangunan ekosistem yang kuat untuk mendorong kewirausahaan perempuan tidak saja di Indonesia​ tetapi juga di kawasan ASEAN dan global.

Dalam pertemuan tersebut, AWEN Indonesia juga menyoroti lima topik inti yang telah menjadi isu prioritas selama masa kepemimpinan mereka. Yaitu people, planet, prosperity, partnership, dan power. 

"Ini mencerminkan pendekatan holistik dalam mendukung wirausahawan perempuan, dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan tata kelola​​,"ujar wanita yang juga hadir mewakili Chair AWEN Indonesia yang dijabat oleh Ketua Umum DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Senin (11/12/2023). 

Lanjutnya, tantangan yang dibahas selain terkait norma sosial dan kesenjangan gender juga mencakup kesulitan akses keuangan, kesenjangan keterampilan, dan keterbatasan dalam pertumbuhan usaha mikro dan kecil yang banyak dioperasikan oleh perempuan. 

"Namun, pertumbuhan ekonomi digital dan adanya dorongan inisiatif kebijakan yang ditujukan untuk menutup kesenjangan gender dapat membuka peluang baru bagi wirausahawan perempuan di kawasan ini​​,"ujarnya.

Pada masa keketuaan AWEN, AWEN Indonesia diwakili oleh IWAPI mengadakan acara berdasarkan lima isu prioritas, melibatkan pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik melalui berbagai acara seperti forum CEO AWEN. Lalu, digelar juga pertemuan pemangku kepentingan AWEN, dan pertemuan bisnis, serta makan malam gala dan penghargaan AWEN yang diadakan dua kali. 

"Yakni, pertama diselenggarakan di The Sultan Hotel Jakarta tahun 2022 dan kemudian di Hotel JW. Marriot di tahun 2023. Tahun ini menandai kerja sama penting antara AWEN dan ASEAN-BAC melalui ASEAN Women CEO Forum. Ini mencerminkan komitmen untuk membangun jaringan yang saling menguntungkan dan kemitraan yang berkelanjutan​​," tutur Rinawati.

Pertemuan ini juga menjadi platform bagi AWEN untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap visi ASEAN 2045, yang bertujuan untuk menciptakan komunitas ASEAN yang makmur, berkelanjutan, inklusif, adil, dan koheren.  

Menyelesaikan kepemimpinan AWEN, estafet selanjutnya diserahkan dari IWAPI sebagai Organisasi ‘focal point’ kepada CamWEN, Kamboja. Yakni, Ketua AWEN 2023 hingga 2025 dari Cambodia, LCT Dr. Eng Lykuong untuk periode tahun 2023 sampai tahun 2025. 

Pertemuan ini menekankan pentingnya kerja sama antar negara anggota dan pemberdayaan perempuan dalam wirausaha. Dengan dukungan dan partisipasi yang aktif dari setiap Anggota termasuk dari Indonesia, diharapkan AWEN dapat terus mendorong kemajuan ekonomi dan sosial di kawasan ASEAN akan terus berlanjut dan berkembang di masa depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.