Sukses

Di Tengah Guyuran Hujan, Sandiaga Uno Melipir ke Pasar Kreasi DI Panjaitan Balige Disambut Tortor Marhusip

Di tengah guyuran hujan, Sandiaga Uno meninjau langsung Pasar Kreasi DI Panjaitan di Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (25/11/2023) malam.

Liputan6.com, Balige Di tengah guyuran hujan, Sandiaga Uno meninjau langsung Pasar Kreasi DI Panjaitan di Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (25/11/2023) malam.

Peninjauan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu untuk melihat langsung produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ditampilkan pada side event Aquabike Jetski World Championship 2023.

Begitu tiba di lokasi, Sandiaga Uno langsung disambut tarian Tortor Marhusip atau Tortor Bisik-Bisik. Tarian ini memiliki makna untuk menyampaikan sesuatu yang ingin disampaikan kepada tamu yang datang.

Bahkan, Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, juga tampak ikut menari. Setelah itu, dia mengunjungi satu persatu stand-stand UMKM serta bercengkrama dengan pelaku UMKM di sana.

"Kita menghadirkan side event yang bisa memberikan tambahan ruang dan peluang bagi para pelaku UMKM dari tiga desa kreatif," terangnya saat doorstop dengan sejumlah media.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kabupaten Kreatif

Diungkapkan Sandiaga, setelah melalui uji petik, Kabupaten Toba telah ditetapkan menjadi Kabupaten Kreatif dengan Sub Sektor Kriya, dan 3 desa kreatif adalah MEAT, Sigaul Timur Sigaul Barat, dan Siregar Aek Nalas.

"Ini produk-produknya ditampilkan di sini, dan kita sudah Rojali, Rombongan Jajan dan Beli produk Desa Kreatif, dan kita tadi juga sudah ditunjukan produk daur ulang," ungkapnya.

Terkait produk-produk UMKM yang ditampilkan di Pasar Kreasi DI Panjaitan Balige, Sandiaga Uno cukup terkesima. Ke depan, dirinya bermimpi Toba memiliki keunggulan produk-produk daur ulang.

"Di sini sebenarnya sudah ada, dan kelasnya supaya ditingkatkan. Itu harapan kita," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Harus Dirasakan Masyarakat

Sandiaga Uno juga berharap masyarakat Toba terus bersemangat, karena event internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 bukan hanya di venue, tapi juga harus dirasakan di seluruh wilayah Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Disinggung apa yang perlu ditingkatkan dari produk UMKM dari Toba, Sandiaga Uno mengatakan, yang harus ditingkatkan adalah kurasi, dan pengemasan.

Karena kalau di Tapanuli Utara yang terkenal Kacang Sihobuk, dan di Toba ternyata ada Kacang Inalang.

"Ada juga beberapa ulos yang sudah menggunakan pewarna alami. Karena produk-produk yang ramah lingkungan, itu yang sekarang dicari para wisatawan," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Sangat Bersaing

Menurut Sandiaga Uno, produk-produk UMKM yang ada di Toba jika dibandingkan dengan daerah lain sudah sangat bersaing. Pihaknya berharap pada Februari 2024 mendatang, ketika F1 Powerboat kembali digelar, produk-produk UMKM di Toba lebih siap.

"Sehingga ratusan ribu masyarakat melihat gelaran F1 Powerboat, mereka merasakan manfaat dan peningkatan ekonomi keluarga, terutama dari segi lapangan pekerjaan, dan pendapatan tambahan, karena harga-harga bahan pokok sekarang cenderung meningkat,”"tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.