Sukses

Gelar Wisuda ke-6, 196 Wisudawan Podomoro University Siap Masuk Dunia Kerja

Mengusung tema "Menciptakan Inovasi yang Berdampak: Membangun Masa Depan yang Lebih Baik," Podomoro University ingin menekankan pentingnya inovasi dalam menjawab isu dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Podomoro University kembali menggelar upacara wisuda ke-6 di Ballroom Kuningan City pada Sabtu, 18 November 2023 dengan total lulusan sebanyak 196 mahasiswa dari 8 program studi.

Mengusung tema "Menciptakan Inovasi yang Berdampak: Membangun Masa Depan yang Lebih Baik," Podomoro University ingin menekankan pentingnya inovasi dalam menjawab isu dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas wisuda ke 6 universitas Agung Podomoro, ini artinya mahasiswa Agung Podomoro siap menapaki dunia pasca kampus dengan segala bekal yang sudah di dapatkan selama belajar di Podomoro University. Saya baru saja mendapat data bahwa indeks inovasi secara global Indonesia meningkat masuk di 5 besar global innovation index seiring dengan kolaborasi index antara dunia usaha dan universitas. Ternyata apa yang dilakukan Podomoro University dengan memadukan hubungan antara universitas dengan dunia usaha, memberikan dampak yang luar biasa dari segi kolaborasi dan mendorong inovasi. Saya menyebutnya collaboration foster innovation,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A melalui tayangan virtual di Kuningan City Ballroom.

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B. menambahkan “Inovasi merupakan akar rumput dari kewirausahaan. Oleh karena itu harus kita dorong untuk membuka peluang usaha untuk menciptakan lapangan kerja. Karena kalian bukan hanya akan mencari kerja tapi juga menciptakan lapangan-lapangan kerja baru. Untuk itu saya mendorong para wisudawan untuk menguatkan semangat entrepreneurship dengan selalu mengedepankan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Kalian tidak hanya berperan dalam kegiatan ekonomi, tetapi juga berkontribusi dalam mencapai visi misi Indonesia Emas 2040”.

Lebih dari sekadar meraih gelar sarjana, Podomoro University memandang lulusan sebagai agen perubahan yang mampu menciptakan solusi-solusi inovatif untuk kemajuan masyarakat.

“Saat ini kita semua merayakan pencapaian Anda, perkembangan teknologi diluar sana pun sedang berkembang dengan cepat. Perkembangan algoritma yang luar biasa telah menyederhanakan berbagai pekerjaan yang awalnya terlihat kompleks. Artificial Intelligence membantu proses analisis data, teknik pembelajaran mesin yang mengoptimalkan proses Anda, dan otomatisasi yang menyederhanakan tugas. Banyak orang akhirnya mengkhawatirkan tentang pekerjaan apa yang akan bertahan di kemudian hari? Namun jangan lupa bahwa di balik setiap baris kode dan algoritma terdapat kecerdikan manusia, dan kreativitas tanpa batas karena pengetahuan yang dimiliki. Dan ini pun saya lihat dalam diri Anda masing-masing” kata Bacelius Ruru, Rektor Podomoro University di Kuningan city Ballroom.

Selain itu, Bapak Bacelius Ruru menambahkan “98% dari lulusan Program Bisnis Perhotelan sudah bekerja sebelum lulus, dan 70% diantaranya memiliki usaha, 83,3% lulusan Program Studi Kewirausahaan sudah bekerja dan berwirausaha, 100% lulusan Program Studi Hukum Bisnis sudah terserap di dunia kerja, 100% lulusan Program Studi Akuntansi sudah terserap di dunia kerja, 50% lulusan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota sudah terserap di dunia kerja, 75% lulusan Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi sudah terserap di dunia kerja, 90% lulusan Program Studi Arsitektur sudah terserap di dunia kerja, ada yang bekerja di industri nasional, internasional, ada juga yang berwirausaha dan 95% lulusan Program Studi Desain Produk sudah terserap di dunia kerja”.

Selain itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc melalui sambutan menyampaikan “selamat kepada seluruh peserta wisuda yang telah menyelesaikan pendidikan mereka dengan prestasi luar biasa. Hari ini adalah saat yang sangat istimewa di mana kita berkumpul untuk merayakan kesuksesan dan pencapaian yang mengagumkan dari para wisudawan dan wisudawati. Melalui tema ini, Universitas Agung Podomoro memiliki visi yang sangat baik bagaimana memberikan edukasi dan pelatihan yang efektif bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan inovatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan menunjukkan keunggulan mereka dalam dunia kerja. Tentu saja, isu inovasi ini juga sangat penting untuk memberikan solusi secara efektif terhadap masalah pengangguran di Indonesia”.

Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc menambahkan “Dengan menciptakan inovasi yang impactful dan membangun masa depan yang lebih baik, diharapkan lulusan perguruan tinggi dapat lebih siap dan kompetitif dalam memasuki dunia kerja. Pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja adalah hal yang sangat penting untuk mengatasi masalah pengangguran. Oleh karena itu, perguruan tinggi perlu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam mengembangkan inovasi yang impactful dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja”.

Dalam upacara wisuda kali ini Podomoro University memberikan penghargaan bagi lulusan terbaik dari masing-masing program studi. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan prestasi akademis mereka selama menjalani studi di Podomoro University. Langkah ini diharapkan dapat memberikan motivasi tambahan bagi lulusan untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif di berbagai bidang.

Dengan meriahnya acara wisuda ke-6 Podomoro University, harapan besar terletak pada pundak para lulusan untuk dapat menghadirkan solusi yang inovatif dan berdampak positif bagi masyarakat. Podomoro University yakin bahwa lulusan-lulusannya tidak hanya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas tetapi juga agen perubahan yang mampu membawa Indonesia ke arah masa depan yang lebih baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.