Sukses

Profil hingga Perjalanan Karir Leon Dozan, Aktor yang Viral karena Aniaya Pacar

Lelaki yang disapa Leon itu merupakan Leon merupakan anak dari pasangan aktor laga Willy Dozan dan penyanyi Betharia Sonata.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral di media sosial sosok Leon Dozan diduga melakukan tindak kekerasan pelecehan seksual terhadap pacarnya, Rinoa Aurora Senduk. Korban kemudian melaporkan tindakan Leon kepada polisi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Leon Dozan dikenal sebagai anak dari Willy Dozan dan Betharia Sonata. Leon Dozan mengenyam pendidikan di SMA Cendrawasih 1 Jakarta.

Setelah lulus SMA, Leon Dozan kuliah di Universitas Prof Dr Moestopo dengan jurusan llmu Komunikasi. Menyandang nama lengkap Mohammad Leon Rahman Dozan, ia mewarisi kemampuan akting ayahnya.

Artis berusia 26 tahun ini memulai karirnya dengan mengikuti jejak ayahnya sebagai aktor. Dia melakukan debut aktingnya dengan ayahnya di Duel The Final Choice.

Ia melebarkan sayapnya di dunia akting dengan berakting di web dan serial FTV. Sinetronnya antara lain 7 Manusia Macan, Anak Jalanan, Lovepedia, Bocah, Anak Langit, Yang Takut Jatuh Cinta, dan Bukan Manusia.

Lelaki yang disapa Leon itu merupakan anak dari pasangan aktor laga Willy Dozan dan penyanyi Betharia Sonata. Sang ayah dikenal sebagai aktor laga senior Indonesia keturunan Jawa-Tionghoa yang sudah membintangi berbagai judul film laga sejak tahun 70-an.

Willy Dozan merupakan pria kelahiran Magelang pada 10 Februari 1957. Ia terkenal juga sebagai aktor laga pada era 80 hingga 90-an. Adapun filmnya yang terkenal, film Hongkong seperti Kung Fu Executioner, A Fist Full of Talons, Aces Go Places 5: The Terracotta Hit, dan banyak judul lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penganiayaan

Ia juga pernah memainkan peran dalam serial televisi diantaranya Deru Debu, 7 Manusia Harimau, Tutur Tinular dan banyak lainnya. Sementara Betharia Sonatha adalah penyanyi era 90-an yang melejit lewat lagu Hati yang Luka.

Sama seperti dengan ayahnya, Leon ternyata menguasai ilmu bela diri. Dia terlihat menekuni seni bela diri karate.

Sekitar bulan Februari 2023, Leon Dozan memperkenalkan Rinoa Aurora sebagai pacarnya. Namun, video viral yang direkam Rinoa justru dimanfaatkan oleh Leon Dozan.

Dalam video tersebut terdengar, Leon sempat menantang Aurora melaporkan penganiayaan ke polisi. Ia mengaku tidak takut dengan polisi dan melontarkan kata tidak pantas untuk polisi.

Kini, ia ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penganiayaan dan penghinaan institusi Polri.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.