Sukses

Heboh Pemilik Honda Vario Servis di Bengkel Yamaha, Kenali Waktu yang Tepat untuk Servis Motor

Warganet baru-baru ini dihebohkan dengan video yang memperlihatkan motor Vario servis di bengkel Yamaha. Hal tersebut menjadi pemandangan yang tidak biasa mengingat keduanya dari merek motor berbeda.

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini warganet dibuat heboh dengan sebuah video yang memperlihatkan salah satu brand motor tengah servis di bengkel brand motor lain. Diketahui, motor tersebut adalah motor jenis Honda Vario yang servis di bengkel Yamaha.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @bonchannnnnnnn tersebut kini sudah disaksikan oleh 360 ribu lebih pengguna TikTok. Meskipun telah diunggah pada 22 Oktober lalu, video ini masih viral dibahas warganet saat ini.

Ketika anak cewekk disuruh servis motor #fyp #honda #yamaha,” tulis @bonchannnnnnnn.

Perlu diketahui perawatan motor atau kendaraan lainnya tentunya wajib dilakukan minimal satu atau dua bulan sekali. Hal tersebut dilakukan agar motor selalu dalam keadaan yang baik ketika dibawa bepergian.

Biasanya kendaraan-kendaraan brand tertentu mempunyai bengkel resmi tersendiri untuk melakukan perawatannya. Sehingga, video perawatan dari merek kendaraan berbeda di bengkel yang berbeda menjadi pembahasan viral di media sosial.

Sejumlah warganet juga mempertanyakan apakah bisa melakukan servis di bengkel resmi merek berbeda. Terdapat respon pro dan kontra dari beberapa warganet ada yang berkata boleh, ada juga yang tidak.

Kok yamaha nya nerima,” tanya @themansss4.

Haha plis gua juga gitu, pake Yamaha service di Honda,” kata @dinda.bn.

Malah ke server sebelah,” ujar @khairunhi_.

Aku juga pernah yamaha ganti di honda. krn kepepet motor mogok gada bengkel lg udh ngedorong motor,” tulis @asteraceaeprimula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Servis Motor Harus Dilakukan

Motor merupakan kendaraan yang menjadi transportasi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Karena sangat dekat dengan aktivitas sehari-hari tentunya motor sering digunakan untuk berpergian ke berbagai tempat.

Mengingat sering dibawa pergi, tentunya motor sangat membutuhkan servis minimal satu atau dua bulan sekali. Hal tersebut untuk terus memeriksa bagaimana performa dari motor yang sering kita gunakan agar terhindar dari hal-hal buruk.

Servis sendiri biasanya dilakukan dengan cara memeriksa bagaimana kondisi suku cadang hingga mesin motor yang kita gunakan. Apakah kendaraan kita dalam kondisi yang baik dan perlukah kendaraan tersebut mendapatkan perbaikan.

Biasanya motor yang sering digunakan selalu diperiksa keseluruhannya terutama mengecek kondisi oli dan ban motornya. Perlu diketahui, motor yang telah melalui perjalanan lebih dari 2.000 hingga 3.000 kilometer sangat wajib untuk diperiksa.

Selain itu, motor-motor yang digunakan dalam aktivitas berat mulai dari perjalanan jauh, membawa beban berat, dan melalui medan yang sulit perlu diservis lebih sering. Hal ini dilakukan untuk membuat motor selalu dalam keadaan prima dan tidak membahayakan penggunanya ketika berada di jalan.

3 dari 4 halaman

Tanda Motor Harus Diservis

Melansir dari Liputan6, terdapat beberapa tanda-tanda dari kendaraan motor yang harus segera melakukan servis. Sehingga berikut ini adalah tanda-tanda yang harus diketahui para pengguna motor:

1. Jarak yang Ditempuh Melebihi Batas Ketentuan

Seperti dijelaskan sebelumnya kendaraan bermotor yang telah menempuh jarak lebih dari 2000 hingga 3000 kilometer harus dilakukan service. Terutama servis berkala untuk mengganti oli atau pemeriksaan mesin lainnya.

Maka dari itu para pengguna motor biasanya harus mengingat kilometer berapa terakhir servis melakukan servis. Hal tersebut untuk membantu atau menjadi tanda yang paling mudah untuk melakukan perawatan motor.

2. Motor Mengeluarkan Suara Tidak Seperti Semestinya

Jika para pengguna motor mendengar adanya suara yang tidak semestinya pada kendaraan maka harus dilakukan pengecekan rutin. Hal tersebut untuk lebih diketahui apa kendala yang membuat motor tersebut berbunyi.

Misalnya saja muncul suara seperti berderik atau berdesing dari mesin, suara terseret-seret dari belt pada motor matik, bersuara berisik dari rantai motor, hingga suara yang terdengar seperti gesekan dari cakram.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Motor Sulit untuk Dinyalakan

Jika kendaraan motor ternyata sulit untuk dinyalakan sudah pasti penggunanya harus segera membawanya ke bengkel untuk diservis. Hal tersebut perlu dilakukan agar mengetahui pasti apa yang membuat motor tersebut sulit untuk dinyalakan.

4. Mengeluarkan Asap

Kendaraan motor tiba-tiba mengeluarkan asap maka perlu dilakukan pemeriksaan kepada bengkel terdekat. Terutama pada motor-motor yang memang mempunyai teknologi baru dan tiba-tiba terdapat asap pada bagian knalpotnya.

Biasanya jika muncul asap putih dalam motor terdapat masalah pada bagian pistonnya dan jika asap berwarna hitam biasanya ada masalah pada bagian karburatornya. Maka dari itu, setelah motor dirasa memunculkan asap harus langsung diservis agar tidak mengalami kerusakan yang parah.

5. Motor Terasa Bergetar Berbeda dari Biasanya

Ketika motor yang melaju tiba-tiba terasa bergetar beda dari biasanya maka disarankan untuk melakukan servis. Jika dibiarkan terlalu lama getaran bisa semakin besar dan mengganggu pengguna motor maka dari itu harus segera diperiksa.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. Mengingat para pengendara belum mengetahui pasti apa yang membuat motornya bisa seperti itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini