Sukses

Rusdy Mastura Motivasi Perangkat Desa di Sulteng untuk Terus Berkarya: Jangan Takut Selagi Benar

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura resmi membuka pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa se-Sulteng di Palu pada Minggu 22 Oktober 2023.

Liputan6.com, Palu - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura resmi membuka pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa se-Sulteng di Palu pada Minggu 22 Oktober 2023.

"Saya berharap para aparatur desa dan pengurus kelembagaan desa serius mengikuti dan menyimak dengan baik apa-apa yang disampaikan pemateri, supaya ke depan Sulawesi Tengah memiliki aparat desa yang handal sehingga seluruh desa di wilayah kita bisa maju," ujarnya, Senin (23/10/2023).

Ia pun memotivasi para perangkat desa, terutama generasi muda untuk mampu berinovasi dan terus berkarya dalam pembangunan menuju Sulteng yang lebih sejahtera dan maju.

"Untuk saudara-saudara apalagi yang masih muda teruslah berusaha berinovasi dan bergerak maju, kita tidak boleh takut, selagi benar lakukanlah apalagi Sulawesi Tengah masih banyak potensi yang perlu digali,"terang Rusdy Mastura.

Direktur Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Evaluasi Perkembangan Desa Mohammad Noval mengatakan, pelatihan ini  dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri masuk dalam perogram penguatan, pemulihan dan pembangunan desa dengan target 33.400 desa dengan jumlah peserta kurang lebih sebanyak 130 ribu orang dan telah dilaksanakan sejak 20 september sampai pertengahan  November 2023.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas dari seluruh aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan dese.

Ia berharap kepada seluruh peserta setelah mengikuti kegiatan tersebut agar bisa mengaplikasikan dan dapat melahirkan inovasi- inovasi baru dalam rangka memperkuat tata kelola pemerintahan desa memacu pembangunan desa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaikan Kinerja Pemerintahan

 

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Zendi Aldi melaporkan bahwa P3PD Komponen 1 secara umum adalah perbaikan kinerja pemerintahan dan aparatur pemerintahan desa melalui peningkatan kapasitas pemerintahan desa, penataan kelembagaan, perbaikan sistem dan instrument penguatan organisasi dan tata laksana berbasis kebutuhan desa.

Adapun tujuan P3PD Komponen 1 meliputi Meningkatkan penataan kelembagaan untuk pengembangan kapasitas pemerintahan desa melalui pengembangan sistem dan prosedur serta adopsi dan transisi Learning Management System (LMS).

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Angkatan Ke 8 berjumlah 512 orang dari 128 desa yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua PKK, Sekretaris Desa, Ketua BPD dan Pengurus Kelembagaan Desa Terbagi dalam 16 Kelas dengan jumlah peserta Perkelas 32 orang.

"Jumlah kehadiran peserta dari Angkatan 1 sampai dengan Angkatan 7 berjumlah 2.721 orang dari 720 Desa dan dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 21 s/d 24 Oktober 2023 bertempat di 5 Hotel yaitu Hotel Santika, Hotel Best Western, Hotel Rama, Hotel Palu Golden dan Hotel Sutan Raja,"tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.