Sukses

Menggali Manfaat Daun Kratom, Tanaman Khas Asia Tenggara yang Diklaim Mampu Redakan Nyeri

Daun kratom tumbuh di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Thailand, Malaysia, Indonesia, dan beberapa wilayah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Daun kratom adalah daun yang berasal dari pohon termasuk dalam keluarga tanaman kopi asli Asia Tenggara. 

Tanaman ini banyak terdapat di negara Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Salah satu manfaat utama dari daun kratom adalah kemampuannya dalam redakan nyeri

Dirangkum dari berbagai sumber, Daun kratom tumbuh di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Thailand, Malaysia, Indonesia, dan beberapa wilayah lainnya. 

Terdapat berbagai varietas kratom yang memiliki perbedaan dalam komposisi kimia. Termasuk kandungan alkaloidnya, yang memengaruhi efek yang dihasilkan. 

Beberapa varietas yang umum termasuk kratom merah, putih, dan hijau. Daun kratom mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, fenol, dan triterpenoid. 

Senyawa-senyawa tersebut termasuk senyawa sitotoksik sehingga daun kratom berpotensi untuk digunakan sebagai obat antikanker. 

Kratom telah digunakan secara tradisional oleh masyarakat setempat untuk meredakan nyeri berbagai jenis, termasuk nyeri kronis, nyeri punggung, arthritis, migrain, dan bahkan nyeri pasca operasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja

Cara kerjanya mirip dengan opioid dalam beberapa hal, tetapi tanpa risiko efek samping yang serius yang terkait dengan obat opioid.

Orang biasanya mengonsumsi daun kratom dalam bentuk teh, kapsul, atau serbuk yang dapat dihirup. Dosis yang tepat bervariasi tergantung pada tujuan penggunaan dan varietas kratom yang digunakan. 

Penting untuk mematuhi dosis yang aman dan tidak mengonsumsi secara berlebihan.

Meskipun kratom memiliki manfaat yang potensial, konsumsi berlebihan atau jangka panjang dapat menyebabkan efek samping seperti mual, konstipasi, insomnia, dan ketergantungan. 

Oleh karena itu, penting untuk menggunakannya dengan bijak dan berkonsultasi dengan ahli medis jika Anda memiliki masalah kesehatan yang serius.

Daun kratom telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat tradisional untuk meredakan nyeri. Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat dan risiko penggunaan kratom dapat bervariasi antara individu. 

Sebelum mencoba pengobatan ini, selalu konsultasikan dengan profesional medis dan pahami hukum dan regulasi terkait di wilayah Anda. 

Kratom memiliki potensi untuk meredakan nyeri, tetapi harus digunakan dengan bijak dan disertai pemahaman yang baik tentang dosis yang aman dan efek samping yang mungkin terjadi.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.