Sukses

Michael Gambon Pemeran Dumbledore di Film Harry Potter Meninggal Dunia, Simak Profilnya

Sir Michael Gambon dikabarkan meninggal dunia pada usia ke-82 tahun. Sosoknya dikenal sebagai pemeran Albus Dumbledore di film Harry Potter.

Liputan6.com, Bandung - Aktor populer Hollywood Michael Gambon dikabarkan meninggal dunia di usianya yang ke-82 tahun. Sosoknya dikenal sebagai pemeran Albus Dumbledore dalam film "Harry Potter".

Michael Gambon dikabarkan meninggal dunia di rumah sakit karena menderita penyakit pneumonia. Kabar tersebut turut diumumkan dan dikonfirmasi langsung oleh pihak keluarga Michael Gambon.

“Kami sangat terpukul mengumumkan meninggalnya Sir Michael Gambon. Suami dan ayah tercinta, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya Anne dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia,” mengutip dari Variety.com.

Saat ini para Potterhead (nama penggemar Harry Potter) turut mengucapkan belasungkawanya di media sosial. Adapun Instagram resmi Harry Potter turut menyampaikan informasi duka ini dan mengenang sosok Michael Gambon.

Kami sangat sedih mendengar meninggalnya Sir Michael Gambon. Dia membawa kegembiraan yang tak terkira kepada para penggemar Harry Potter dari seluruh dunia dengan humor, kebaikan, dan keanggunannya. Kami akan selamanya menyimpan kenangannya di hati kami,” tulis @harrypotterfilm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Michael Gambon

Melansir dari berbagai sumber, Michael Gambon merupakan kelahiran 19 Oktober 1940 di Dublin, Irlandia. Ia adalah anak dari seorang insinyur dan penjahit dan keluarganya pindah ke Camden Town di London, Inggris saat umurnya baru enam tahun.

Saat itu ayah dari Michael pindah ke Inggris lantaran harus bekerja membangun kembali kota pascaperang. Ia juga sempat meninggalkan sekolah untuk memulai pekerjaan di bidang teknik.

Awal mula Gambon tertarik dalam dunia akting setelah ia masuk menjadi anggota kelompok teater amatir. Saat itu ia merasa yakin jika dirinya akan terjun dalam dunia peran dan terinspirasi oleh aktor Amerika Marlon Brando dan James Dean.

Pada 1962 Gambon mulai mengikuti audisi untuk menjadi anggota di Royal National Theatre. Sebuah grup pertunjukan seni paling terkemuka di Inggris dan melalui langkah tersebut ia mulai membangun reputasinya dalam dunia akting.

Melalui kontribusi dan jasanya Gambon bahkan diangkat menjadi Komandan Kerajaan Inggris pada 1992. Adapun sejak 1998 ia dianugerahi gelar kebangsawanan ‘Sir’ karena jasanya tersebut.

Gambon tidak hanya berakting baik dalam panggung teater namun juga serial televisi dan film-film layar lebar. Namanya semakin dikenal publik setelah ia berperan sebagai Albus Dumbledore dalam film populer Harry Potter.

Michael Gambon sendiri berperan menjadi Albus Dumbledore dalam sekuel Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Saat itu ia menggantikan mendiang aktor Richard Harris yang terlebih dahulu berperan sebagai Dumbledore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.